Pandemi Bikin Orang Jadi Semakin Rajin Olahraga

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 04:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 481 2383591 pandemi-bikin-orang-jadi-semakin-rajin-olahraga-ra4G691IvT.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PANDEMI membuat banyak orang membenahi gaya hidupnya. Olahraga bahkan menjadi prioritas, salah satunya bersepeda.

Hal ini pun terlihat dari salah satu survei yang menyebutkan bahwa 1 dari 5 orang yang sebelumnya tidak berolahraga, kini memulai kebiasaan berolahraga. Lebih lanjut ditemukan, hampir separuh dari responden yang telah berolahraga sejak sebelum pandemi, mengubah aktivitas olahraganya menjadi lebih baik .

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diminati karena selain bermanfaat untuk mengolah fisik, selama pandemi sepeda diandalkan sebagai alternatif moda transportasi umum.

 Sepeda

Bahkan, pada Juni 2020-Januari 2021 tercatat ada 3.121 pesepeda per hari ketika weekdays dan sebanyak 23.464 pesepeda per hari ketika weekend di kawasan Sudirman-Thamrin.

Selain sepeda, masyarakat juga kian rutin berolahraga lari, jalan, atau mengikuti kelas-kelas kebugaran secara daring untuk menjaga kebugaran, terungkap 13% orang mengaku bahwa mereka pertama kalinya mencoba berolahraga secara daring ketika pandemi.

Perwakilan PRURide Indonesia 2021 Virtual Ride Luskito Hambali mengatakan, kunci untuk hidup  lebih sehat adalah terus bergerak aktif dengan semangat yang tidak terbatas. 

"Perubahan positif masyarakat yang setahun terakhir lebih memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan."

"Sehingga mereka tetap optimis dan kita bisa bersama-sama menghadapi pandemi fatigue yang banyak dirasakan saat ini," ujarnya.

Tak ayal, banyak sportsfest virtual memfasilitasi masyarakat bergerak aktif dan berolahraga. Baik itu bisa dilakuan di rumah maupun dari luar rumah.

Sementara itu, ditambahkan Spesialis Kedokteran Olahraga Andi Kurniawan SpKO, ada hubungan antara olahraga dan imunitas.

"Intensitas olahraga yang cukup itu akan menaikkan imunitas. Jadi olahraga itu pada dasarnya banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan," tambahnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini