Ibu Hamil Rajin-Rajin Makan Buah Kedondong, Ini Manfaatnya

Poppy Fadhilah, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 481 2383593 ibu-hamil-rajin-rajin-makan-buah-kedondong-ini-manfaatnya-1IH1jQ6AKG.jpg Ilustrasi ibu hamil. (Foto: Valeria Aksakova/Freepik)

IBU hamil disarankan rajin-rajin makan buah kedondong. Pasalnya, terkandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan ibu dan janinnya.

Buah kedondong sendiri berasal dari wilayah beriklim tropis, jadi cukup mudah didapat di Indonesia. Walaupun memiliki rasa asam, kedondong disukai berbagai kalangan.

Satu buah kedondong memberikan energi 48 Kkal, 1 gram protein, 12 gram karbohidrat, 233 IU vitamin A, 30 mg vitamin C, 15 mg kalsium, 22 gram fosfor, dan 3 mg zat besi. Kedondong juga mengandung serat makanan dan vitamin B kompleks seperti tiamin serta riboflavin.

Bernama ilmiah Spondias dulcis, buah kedondong memberi banyak manfaat untuk ibu hamil. Buah kedondong muda digunakan untuk mengobati masalah perut dan membantu wanita dalam persalinan.

Seperti dilansir laman Healthbenefitstimes, berikut manfaat lain buah kedondong untuk ibu hamil.

Baca juga: Menjaga Kehamilan dari Hamil Muda sampai Melahirkan, Gimana? 

1. Atasi anemia

Kandungan zat besi dalam 100 gram kedondong dapat membantu pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, ternyata buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang membantu dalam produksi sel darah merah dan meningkatkan aliran oksigen ke seluruh tubuh serta mencegah anemia, termasuk pada ibu hamil.

Buah kedondong. (Foto: Thealthbenefitsof)

2. Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah kedondong kaya vitamin C. Buah ini meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Ini juga meningkatkan pembentukan kolagen dan bisa mempercepat proses penyembuhan luka ibu yang baru saja melahirkan. Buah ini juga mengandung antioksidan dan membantu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.

3. Mengobati sakit kulit

Seperti sudah disebutkan, kedondong mengandung vitamin C dalam jumlah yang baik, sehingga dapat membantu memperbaiki jaringan dan memberi nutrisi pada kulit. Ini meningkatkan produksi kolagen dan meningkatkan kecantikan kulit, termasuk pada ibu hamil.

Kedondong juga digunakan untuk mengobati penyakit kulit. Daun kedondong direbus dan ekstraknya digunakan sebagai pengganti body lotion dan pelembap. Secara tradisional, akar pohonnya digunakan untuk mengobati kulit yang gatal.

Baca juga: Tetap Aman, Olahraga Ini Bisa Dilakukan Ibu Hamil Lho 

4. Bantu obati batuk

Ekstrak daun kedondong cukup bermanfaat untuk mengobati batuk. Diperlukan 3 sampai 4 lembar daun kedondong segar direbus dengan dua gelas air. Lalu didiamkan selama beberapa menit. Kemudian saring rebusan itu dan minum dengan madu sesuai selera.

Selain daunnya, buah kedondong juga bisa digunakan untuk mengobati batuk. Caranya parut 2 atau 3 buah buah kedondong dan peras airnya. Anda bisa menambahkan sedikit garam dalam ekstrak ini. Minumlah tiga kali sehari untuk meredakan batuk.

5. Mencegah Penuaan Dini

Vitamin C yang ada pada kedondong juga dapat melindungi molekul penting seperti protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang disebabkan radikal bebas, racun, atau polutan. Sebab, radikal bebas merupakan salah satu penyebab terjadinya penuaan dini.

Baca juga: Stunting Bisa Dicegah sejak Masa Kehamilan dengan Rutin USG 

6. Mengobati masalah pencernaan

Kedondong terdiri dari serat makanan dalam jumlah yang baik. Buah ini dapat melancarkan pencernaan dan membantu membersihkan usus. Ibu hamil yang sembelit dan dispepsia (gangguan pencernaan) dianjurkan memakan buah kedondong. Kandungan airnya yang tinggi juga mencegah dehidrasi.

Kulit pohon kedondong digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan disentri. Orang yang menderita diare, disentri, dapat meminum ramuan herbal kulit kayu kedondong untuk meredakan rasa tidak nyaman. Ramuan herbal tersebut dibuat dengan menggunakan 5 gram kulit kayu. Kulit kayu yang bersih direbus dengan dua gelas air hingga airnya berkurang menjadi setengah.

Selain itu masih banyak lagi manfaat kedondong lainnya, yaitu mengobati infeksi saluran kemih dan wasir, membantu pembaruan jaringan dan melindungi dari penyakit kardiovaskular, hingga kandungan antioksidannya yang dapat melawan kanker.

7. Mengontrol kadar kolesterol

Kandungan vitamin C pada buah kedondong dapat membantu memetabolisme kolesterol menjadi asam empedu. Hal ini yang mungkin berimplikasi pada kadar kolesterol darah dan timbulnya batu empedu. Jadi, buah kedondong ini bermanfaat untuk mengontrol kadar kolesterol Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini