Tak Cuma Perawatan Mahal, Vitamin B Juga Bisa Percantik Kulit

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 24 Maret 2021 22:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 24 611 2383557 tak-cuma-perawatan-mahal-vitamin-b-juga-bisa-percantik-kulit-277SsGjOFx.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PERAWATAN kulit memang biasa dilakukan banyak orang dengan berbagai macam peralatan kecantikan. Tapi yang sering dilupakan, kesehatan kulit juga tergantung apa yang kita konsumsi.

Oleh karena itu, kita butuh nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit. Karenanya, vitamin B dapat meningkatkan produk kolagen dan memudarkan noda hitam di wajah.

"Vitamin B kompleks telah terbukti secara ilmiah ampuh untuk mengatasi masalah kulit. Kulit justru akan tampak kusam, tidak berkilau, mudah mengalami peradangan atau iritasi, dan mengalami penuaan dini jika kekurangan vitamin B kompleks," kata dermatolog dr. Ruri Pamela, SpKK.

Vitamin B ini juga sering digunakan sebagai key ingredients skincare. Sehingga bagi penggunanya dapat bermanfaat, dan lebih memaksimalkan perawatan kulit. Ia melanjutkan, ada beberapa jenis vitamin B, di mana cara bekerjanya sesuai dengan permasalahan masing-masing kulit.

vitamin

Vitamin B1 (Thiamin)

Berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar akan membawa oksigen dan nutrisi ke sel tubuh, termasuk kulit. Hasilnya, sel kulit akan terus beregenerasi dan membuat kulit menjadi lebih muda dan sehat.


Vitamin B2 (Riboflavin)

Merupakan jenis vitamin yang membantu menjaga kesehatan kulit dan mencegah peradangan pada kulit yang rentan berjerawat. Kekurangan vitamin B2 berhubungan dengan meradangnya jerawat.

Selain itu, memiliki peran dalam sekresi mukus pada jaringan kulit yang membuat kulit tetap lembut. Vitamin ini bisa mencegah kondisi kulit, seperti eksim dan dermatitis.

Vitamin B3 (Niacinamide)

Berperan memperbaiki lapisan teratas kulit, yakni lapisan epidermis dalam menahan kelembaban. Mampu menghambat transfer pigmen ke sel kulit sehingga pembentuk flek hitam bisa diminimalisir. “Selain itu, dapat meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit semakin kenyal serta memudarkan noda hitam di wajah,” ujar dr. Ruri.

Sementara itu, Country Director Swissvita Indonesia, Sean Lim mengatakan, memilih vitamin B kompleks sebagai key ingredients ke dalam skincare dapat mengatasi permasalahan kulit.

"Menjadi skincare yang berkualitas," terangnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini