Resep Terong Balado ala Finalis MasterChef Indonesia, Enyaakk!

MNC Media, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 15:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 298 2383945 resep-terong-balado-ala-finalis-masterchef-indonesia-enyaakk-udkqhXPbps.jpg Terong Balado. (Foto: Youtube)

BANYAK orang berpikir makanan enak pasti harganya mahal. Padahal, enak atau tidaknya makanan sangat tergantung pada cara mengelola atau memasak makanan tersebut.

Nah, seperti hidangan simple Terong Balado dimasak ala kontestan MasterChef Indonesia. Terong Balado yang biasanya menjadi lauk di warteg, bisa loh seperti hidangan restoran berbintang.

Ade Koerniawan, top 3 kontestan MasterChef Indonesia Season 6 berbagi resep mudah yaitu membuat Terong Balado yang enak dan tidak berminyak sehingga lebih sehat.

Pertama-tama Ade menyiapkan bahan-bahan untuk membuat saus balado untuk diblender. Lalu ia memotong terong serta membuat irisan di bagian daging terong menggunakan pisau.

Terong dilumuri dengan garam dan minyak sebelum dipanggang. Ade juga menggoreng teri medan untuk ditaburi di atas hidangan terong balado.

Ade menumis terasi, daun jeruk, daun serai, dan bumbu balado sampai harum dan layu. Ia tidak lupa memberi garam, gula, merica, dan kaldu jamur sebelum saus balado dituang ke terong.

Resep masakan

Berikut bahan-bahan untuk membuat Terong Balado ala Ade Koerniawan:

2 buah terong

8 siung bawang merah

4 siung bawang putih

5 buah cabe keriting

3 buah cabe merah besar

2 sdm teri medan

1 sdt terasi

1 lbr daun jeruk

1 batang serai yang sudah digeprek

1 buah cabe rawit (optional)

1,5 sdt kaldu jamur

3/4-1 sdt garam

2 sdt gula

Sejumput merica bubuk

1/2 buah tomat

Sebelum bikin sendiri, yuk tonton tutorial lengkap bikin Terong Balado di YouTube channel Ade Koerniawan!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini