Bukan Gula, Pemanis Ini Menyehatkan dan Enak Rasanya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 08:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 298 2384194 bukan-gula-pemanis-ini-menyehatkan-dan-enak-rasanya-XCd6kPC1FZ.jpg Ilustrasi pemanis pengganti gula. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

TERNYATA ada beberapa pemanis yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Pemanis tersebut tergolong alami dan tentunya bukan gula.

Sebagaimana diketahui, banyak mengonsumsi gula akan membahayakan kesehatan. Kadar gula dan porsinya harus dibatasi sesuai kebutuhan.

Baca juga: Manfaat Berhenti Konsumsi Pemanis Buatan, Bisa Kurangi Sakit Kepala Lho 

Kini bisa mengganti gula dengan pemanis alami yang menyehatkan. Pemanis ini rendah kalori, rendah fruktosa, dan rasanya tetap manis.

Nah, apa saja pemanis alami yang menyehatkan sebagai pengganti gula? Simak penjelasannya, seperti dilansir laman Healthline.

1. Erythritol

Erythritol adalah alkohol gula yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan tertentu. Ini mengandung sekira 6 persen kalori dalam jumlah gula dengan 70 persen rasa manis. Studi menunjukkan eritritol sangat aman. Namun seperti gula alkohol lainnya, ini dapat menyebabkan masalah pencernaan jika mengonsumsi terlalu banyak dalam satu waktu. Rasa erythritol sangat mirip dengan gula, meski bisa memiliki sedikit rasa sisa.

Xylitol pemanis alami menyehatkan pengganti gula. (Foto: BBC Good Food)

2. Xylitol

Xylitol mengandung sekira 2/3 dari nilai kalori gula. Xylitol memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan gigi, seperti mengurangi risiko gigi berlubang dan kerusakan gigi. Ini juga dapat membantu mencegah osteoporosis.

Baca juga: Yuk Mulai Hidup Sehat, Hindari Gula Berlebih dengan 6 Cara Ini 

3. Stevia

Stevia adalah pemanis rendah kalori yang mengandung senyawa stevioside dan rebaudioside A. Keduanya dapat membuat rasa ratusan kali lebih manis dari gula.

Beberapa penelitian menunjukkan stevia memiliki manfaat kesehatan, seperti dapat menurunkan tekanan darah tinggi pada penderita hipertensi dan telah terbukti menurunkan kadar gula darah penderita diabetes.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini