5 Cara Alami Redakan Sakit saat Gigi Bungsu Tumbuh

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 17:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 481 2384028 5-cara-alami-redakan-sakit-saat-gigi-bungsu-tumbuh-7BL7e737O8.jpg Ilustrasi sakit gigi. (Foto: Pch.vector/Freepik)

GIGI bungsu adalah sekelompok geraham yang terletak di bagian belakang mulut. Ini adalah gigi terkuat dan terluas yang membantu mengunyah serta menggiling makanan.

Pada kebanyakan orang, gigi bungsu mulai tumbuh antara usia 17 hingga 25 tahun. Beberapa tidak mengalami masalah atau rasa sakit selama proses tersebut, namun ada juga yang mengalami nyeri yang dapat berlangsung lama. Ini karena gigi bungsu menembus gusi dan menjadi bagian dari mekanisme mengunyah.

Baca juga: Perawatan Gigi Penting saat Pandemi Covid-19, Ini Alasannya 

Sakit saat gigi bungsu tumbuh disebabkan terutama karena munculnya gigi itu sendiri. Ini menembus garis gusi dan dapat menyebabkan peradangan, kemerahan, dan bengkak yang bisa sangat menyakitkan. Area yang terkena mungkin berdarah, dan mungkin mengalami sakit kepala.

Melansir laman Times of India, berikut lima cara yang bisa dilakukan untuk mengobati rasa sakit saat gigi bungsu tumbuh.

Ilustrasi sakit gigi.

1. Kumur dengan air garam

Kapan pun merasakan sakit yang diakibatkan gigi bungsu, Anda dapat berkumur menggunakan air garam. Ini tidak hanya membunuh bakteri berbahaya, tetapi juga meredakan nyeri mulut.

2. Gunakan jahe dan bawang putih yang dihancurkan

Sakit akibat gigi bungsu muncul karena adanya infeksi dan peradangan yang terjadi di mulut. Ini dapat dikelola dengan bantuan bawang putih dan jahe yang dihancurkan yang memiliki sifat anti-inflamasi untuk melawan patogen yang membuat rasa sakit.

Baca juga: 4 Cara Memutihkan Gigi Secara Secara Alami 

3. Peppermint

Peppermint secara alami dapat mengobati dan mengurangi peradangan di mulut serta dapat mengurangi rasa sakit. Ini mengandung minyak esensial yang meredakan sakit gigi dengan cara sesederhana mungkin.

4. Oleskan minyak pohon teh

Kaya akan sifat antibakteri, minyak pohon teh membantu membasmi semua bakteri di mulut. Anda bisa langsung mengoleskannya ke gusi dengan mengencerkannya dengan minyak kelapa. Ini akan terbukti sangat efektif dan akan meredakan rasa sakit.

Baca juga: Kaya Kalsium, 4 Makanan dan Minuman Ini Ampuh Jaga Kesehatan Gigi 

5. Gunakan kompres dingin atau panas

Dalam hal sakit gigi bungsu, mengoleskan kompres es atau panas ke area yang terkena bisa sangat menenangkan. Ini tidak hanya mengobati peradangan, tetapi juga mengurangi pembengkakan dan nyeri.

Saat mengompres dengan air hangat, ini meningkatkan aliran darah dan mengurangi ketegangan di area yang terkena. Akan tetapi perlu diingat bahwa metode pengobatan ini hanya dapat digunakan untuk meredakan rasa sakit sementara.

Jika gigi bungsu menyebabkan sakit secara berkelanjutan, disarankan mengunjungi dokter gigi. Biasanya, dokter gigi akan melakukan pencabutan dengan metode operasi kecil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini