Prokes Tak Cuma Dipatuhi Orang, Jaga Kebersihan Benda dan Ruang Juga Wajib

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 481 2384172 prokes-tak-cuma-dipatuhi-orang-jaga-kebersihan-benda-dan-ruang-juga-wajib-lp27EvTzu3.jpg Ilustrasi. (Foto: Forloveofcupcakes)

TAHU enggak, kalau protokol kesehatan tak cuma diterapkan pada orang. Tapi juga pada barang dan ruangan, yang harus dijaga kebersihannya.

Pakar kesehatan pun membuat istilah protokol kesehatan Barang Orang dan Ruang (BOR). Jika dilakukan, kemungkinan Anda bisa meminimalisir penularan virus corona.

"Misal untuk barang, Anda bisa menjaga higienitas pakaian, kebersihan penampilan betul-betul terjaga. Terutama ketika pulang ke rumah, harus memisahkan pakaian bekas dipakai keluar rumah dengan pakaian kotor di dalam rumah," ucap Hermawan Saputra saat webinar Vanish Oxiaction.

 Masker

Di samping itu, proses disinfeksi juga perlu dilakukan pada sepatu, jam tangan, hp, dan sebagainya. Benda-benda itu bisa menularkan virus karena menyebar lewat aeorosol.

Lalu protokol kesehatan ruangan. Proses disinfeksi ruangan juga menjadi penting. Misalnya pada ruang kerja, ruang bermain anak, kamar, dan tempat-tempat yang sering jadi persinggahan.

"Kita perlu melakukan tata kelola di dalam ruangan. Droplet bisa menempel di kamar, ruang kerja," ucapnya.

Saat proses disinfeksi, Anda perlu rekayasa teknologi. Banyak produk pembersih ruang atau benda, namun carilah bahan-bahan aman efektif cegah virus.

"Kita ini hidup buruh kesadaran, kesabaran dan daya tahan untuk menghadapi situasi saat ini. Dengan adanya perilaku baru, kita menggunakan teknonologi dan produk aman bisa meningkatkan derajat kesehatan," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini