Minum Teh Bisa Obati Perut Kembung, Simak Cara Kerjanya

Kezia Putri Sagita, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 481 2384178 minum-teh-bisa-obati-perut-kembung-simak-cara-kerjanya-8Bwr6h987u.jpg Perut kembung. (Foto: Shutterstock)

JANGAN panik jika mengalami perut kembung, sebab bisa diobati dengan minum teh. Ada beberapa jenis teh yang ternyata bisa mengatasi perut kembung. Cukup mudah dan simpel.

Perut kembung sendiri terjadi akibat gastroparesis atau penundaan pengosongan makanan dari lambung ke usus kecil. Ini seringkali dikarenakan asam lambung yang rendah.

Nah, coba atasi perut kembung dengan minum beberapa teh berikut ini, seperti dilansir laman Lifehack.

Baca juga: Tiba-Tiba Perut Kembung Tanpa Sebab, Segera Periksa ke Dokter 

1. Teh jahe

Rasa pedas dan hangat dari teh jahe ini menstimulasi tubuh dan bergizi. Jahe dapat membantu mengurangi rasa mual dan gangguan pencernaan. Ini telah digunakan selama ratusan tahun sebagai obat rumahan untuk mengatasi muntah, sakit perut, dan mual di pagi hari. Teh jahe sangat efektif dalam meredakan perut kembung karena sifat anti-inflamasi dan karminatifnya.

2. Teh peppermint

Peppermint merupakan ramuan yang telah digunakan untuk mengobati penyakit pencernaan selama berabad-abad. Bahan aktif mentol yang terkandung di dalamnya inilah yang memberi peppermint rasa "minty". Mentol juga membantu mengurangi peradangan. Sifat anti-inflamasi dari teh peppermint membantu meredakan ketidaknyamanan perut yang dapat menyebabkan kembung dan gas.

Teh. (Foto: Racool Studio/Freepik)

3. Teh hijau

Ini mungkin salah satu teh terbaik untuk usus berkat kandungan katekin dan antioksidannya yang tinggi. Katekin membantu menenangkan otot di saluran pencernaan. Teh hijau juga bisa membantu menghilangkan penumpukan gas di usus yang menyebabkan perut kembung. Selain itu, teh hijau membantu menstimulasi enzim yang dibutuhkan tubuh untuk memecah makanan dengan benar.

Baca juga: Awas, 5 Makanan Ini Bisa Bikin Perut Kembung 

4. Teh kamomil

Teh kamomil terkenal dapat meredakan sakit perut sekaligus meningkatkan mood. Caranya hanya perlu menyeduh bunga kamomil dalam air panas. Penelitian menunjukkan bahwa kamomil sangat membantu untuk sindrom iritasi usus besar, membantu menenangkan saluran usus dan "melepaskan" otot perut tersebut. Tampaknya kamomil juga dapat membantu melawan efek kembung yang disebabkan oleh makanan yang mengandung laktosa, serta meningkatkan reseptor GABA di sistem saraf untuk meningkatkan suasana hati.

5. Teh akar dandelion

Teh dandelion bisa dibuat dari akarnya saja, atau seluruh bagian tanamannya (akar, daun, dan kelopak). Teh akar dandelion membantu tubuh membuang kelebihan cairan dan menghilangkan racun. Ini sangat membantu dalam meringankan kembung yang disebabkan oleh gas perut.

Baca juga: 8 Penyebab Perut Penuh Gas, Segera Hindari Ya 

6. Teh adas

Adas adalah alat bantu pencernaan yang telah digunakan selama berabad-abad. Teh adas dibuat dari biji tanaman adas yang memiliki rasa manis yang luar biasa mirip dengan akar licorice. Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Food Biochemistry telah menunjukkan bahwa adas merupakan anti-inflamasi yang sangat baik, terutama di saluran pencernaan. Sifat aromatik dan karminatif adas dapat meredakan perut kembung, diare, atau kram perut. Teh adas bahkan dapat membantu mengurangi keasaman di perut dan usus.

7. Teh kembang sepatu

Selain bunganya yang cantik, kembang sepatu juga merupakan tonik pencernaan yang sangat baik. Anda cukup dengan menanamkan kelopak kembang sepatu yang dalam air mendidih. Teh ini harum dan bebas kafein dengan rasa yang khas. Teh kembang sepatu dapat membantu menyeimbangkan hormon, mengurangi retensi air, dan menghilangkan kembung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini