Pakar Ungkap Cara Pakai Makeup Biar Gak Jerawatan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Kamis 25 Maret 2021 19:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 25 611 2384019 pakar-ungkap-cara-pakai-makeup-biar-gak-jerawatan-h22jXv4OFL.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

TIMBULNYA jerawat salah satunya bisa disebabkan karena salah pakai makeup. Benarkah?

Menurut para ahli kulit, ada beberapa faktor berbeda yang harus Anda pertimbangkan terlebih dahulu, seperti dilansir dari Byrdie, Kamis (25/3/2021).

"Salah satu hal paling penting untuk dipikirkan adalah memastikan bahwa produk make-up Anda bukanlah penyebab jerawat," kata David Lortscher, MD, dokter kulit bersertifikat, CEO, dan pendiri Curology.

 Jerawat

"Jika riasan Anda tidak tersumbat pori-pori, memakainya untuk jangka waktu yang lebih lama seharusnya tidak menjadi masalah, dalam teori," tambahnya.

Tapi bagaimana Anda bisa yakin bahwa riasan Anda tidak akan menyumbat semua pori-pori Anda? Menurut Lortscher, Ini sebenarnya cukup sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah membaca label produk.

"Meskipun itu bukan jaminan, sebaiknya hanya menggunakan produk berlabel dengan istilah seperti 'noncomedogenic,' 'non-acnegenic,' 'tidak menyumbat pori-pori,' atau 'tidak akan menyebabkan jerawat,'" katanya.

Founder MS Glow Maharani Kemala menuturkan, sejauh ini produk makeup selalu aman dan sudah melewati uji klinis BPOM. Ia juga menyarankan untuk memilih produk yang kaya akan bahan alami yang mengandung Vitamin C,  E , serta ekstrak buah.

"Sebagai wanita memang penampilan harus diperhatikan, namun tetap harus bijak dalam memilih produk kecantikan yang cocok dengan kondisi kulit wajah."

"Pastikan menggunakan produk yang aman untuk jangka panjang," ujarnya.

Ada tiga hal yang sebaiknya jangan dilewatkan agar bebas jerawat. Apa saja?

Moisturizer cream

Berfungsi untuk mencerahkan wajah dan juga bisa digunakan sebagai base makeup

Bedak

Salah satunya varian loose powder solusi makeup untuk wajah berjerawat.

Balm cleanser

Balm cleanser bisa membantu Anda lebih mudah mengangkat kotoran dan bekas makeup wajah, dengan sekali usap.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini