Mengenal Geco, Makanan Lezat Khas Cianjur Sejak 1948

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 12:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 298 2384349 mengenal-geco-makanan-lezat-khas-cianjur-sejak-1948-MZ7LVMmK6E.jpg Geco makanan lezat khas Cianjur. (Foto: Instagram @sekitarcianjur)

CIANJUR merupakan salah satu kota di Jawa Barat yang banyak dikunjungi wisatawan. Maklum saja, sebab Cianjur memang memiliki beberapa tempat wisata yang kece dan Instagramable.

Sebut saja Taman Alun-alun Cianjur, Masjid Agung Cianjur, Taman Prawatasari, Gunung Mananggel, Kampung Buaya Padi Pandan Wangi, dan masih banyak lagi. Nah, ketika berkunjung rasanya ada yang kurang jika belum mencicipi hidangan khas Cianjur.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Presiden Jokowi Masih Suka Pesan Ubi dan Kacang Rebus 

Jika Anda menggemari wisata kuliner dan sejarah, ini saatnya mencicipi geco. Ya, geco merupakan makanan lezat khas Cianjur yang ternyata sudah ada sejak 1948.

Geco makanan lezat khas Cianjur. (Foto: Instagram @sekitarcianjur)

Mengutip dari unggahan di kanal YouTube Papa Oki, Jumat (26/3/2021), geco merupakan singkatan dari 'tauge dan tauco'. Tauge merupakan tanaman kecambah, sedangkan tauco ialah hasil fermentasi biji kedelai. Rasa geco jadi makin khas lantaran menggunakan tauco khas Cianjur dengan bungkus karakas atau daun pisang kering.

Baca juga: Lezatnya Pepes Capung Khas Jungutan Karangasem, Laris Diburu Pembeli 

Selain dua bahan tadi, geco juga disajikan bersama kentang, telur rebus, mi aci, dan ketupat. Bumbu-bumbunya ada kecap manis, sambal cabai rawit, dan cuka lahang atau fementasi dari enau.

Kelezatan masakan asli Sunda ini memang tidak perlu diragukan lagi. Nah, Cianjur sebagai salah satu penghasil kuliner Sunda yang nikmat punya sajian yang wajib dicoba.

Berasal dari singkatan kata 'tauge dan tauco', geco memang terlihat cukup familier. Sebenarnya sudah banyak pedagang geco, jadi tidak hanya di Jawa Barat, tetapi juga bisa ditemukan di beberapa lokasi di Jakarta atau daerah lain.

Cita rasa yang ditawarkan geco pun cukup menggoda lidah meski bahan-bahannya terlihat sederhana. Dalam satu porsi, Anda bisa mencicipi kesegaran tauge dengan gurihnya lumuran bumbu tauco di atasnya.

Baca juga: Menikmati Kicik dan Tongseng Ikan Sidat Khas Bantul, Lezat serta Penuh Gizi 

Selain itu, terdapat pula mi sagu, ketupat, dan tomat yang dipadukan dengan cuka lahang, Irisan kentang, dan tahu goreng beserta telur rebus. Ini siap memuaskan perut Anda yang keroncongan.

Banyak yang mengatakan bahwa geco adalah kupat tahu khas Cirebon. Namun, saus tauco tanpa oncom yang terdapat di geco adalah hal yang membedakan keduanya, bahkan dengan tauge goreng khas Cirebon.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini