7 Cara Sederhana Menjaga Diri Tetap Fit dan Bugar Selama Pandemi

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 481 2384291 7-cara-sederhana-menjaga-diri-tetap-fit-dan-bugar-selama-pandemi-WZJaegcDEu.jpg Olahraga salah satu cara menjaga tubuh tetap fit dan bugar selama pandemi. (Foto: Senivpetro/Freepik)

TUBUH yang fit dan bugar adalah hal paling berharga di masa pandemi covid-19 ini. Sebab dengan memastikan diri sendiri sehat walafiat, secara tidak langsung juga menjaga kesehatan orang-orang di sekitar.

Tapi tenang saja, ternyata ada cara sederhana untuk membuat tubuh tetap fit dan bugar. Apa saja cara itu? Berikut tujuh di antaranya, seperti dikutip dari laman Times of India, Jumat (26/3/2021).

Baca juga: Berat Badan Naik saat Pandemi Covid-19, Yuk Batasi Asupan GGL 

1. Tidur teratur

Kurang tidur dikaitkan dengan peningkatan rasa lapar, gula darah yang lebih tinggi, konsentrasi yang buruk, sering sakit, dan gangguan pemecahan masalah. Pastikan tidur setidaknya 7 jam sehari. Pastikan mendapatkan porsi tidur yang berkualitas pada malam hari. Mandi air hangat sebelum tidur juga bisa membantu.

Minum air. (Foto: Theoddsey)

2. Tetap terhidrasi

Cukup minum air adalah cara sempurna untuk tetap terhidrasi dan menjaga nafsu makan tetap terkendali. Tambahkan sedikit rasa dengan jus buah atau mentimun segar atau irisan lemon. Terus berkreasi agar tubuh tetap segar.

3. Makan serat

Sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian kaya akan serat. Serat membantu tetap kenyang, sehingga cenderung tidak banyak makan. Upayakan untuk makan setidaknya 25 gram serat sehari.

Baca juga: Jaga Imunitas Tubuh Selama Pandemi dengan Konsumsi 6 Makanan Ini 

4. Batasi gula tambahan

Cobalah makan kurang dari enam sendok teh gula tambahan, dan ini tidak termasuk gula alami yang ditemukan dalam buah atau susu. Simpan enam sendok teh untuk hidangan penutup. Saat melihat label, ada baiknya mengetahui bahwa satu sendok teh sama dengan 4 gram gula tambahan.

5. Tetap aktif

Mungkin pandemi ini telah mengubah jadwal olahraga di luar ruangan. Buatlah rencana latihan di dalam rumah saja dan konsisten melakukannya.

Baca juga: Perawatan Gigi Penting saat Pandemi Covid-19, Ini Alasannya 

6. Nikmati cuaca

Penelitian menunjukkan bahwa ketika orang berada di luar ruangan, detak jantung dan tekanan darah meningkat. Luangkan waktu sejenak untuk berada di luar ruangan.

7. Bersyukur

Temukan waktu setiap hari untuk merenungkan beberapa hal yang membuat bahagia. Bersyukur dan selalu positif dapat membantu berkembang dalam hidup yang sehat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini