5 Khasiat Minuman Lemon Kunyit, Bisa Tambah Kekebalan Tubuh Lho

Iman Firmansyah, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 481 2384501 5-khasiat-minuman-lemon-kunyit-bisa-tambah-kekebalan-tubuh-lho-GGWbXWhC1h.jpg Ilustrasi minuman lemon kunyit. (Foto: Ededchechine/Freepik)

YUK mulai sekarang rajin-rajin mengonsumsi minuman lemon kunyit. Minuman alami ini disebut memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia berkat banyaknya kandungan nutrisi di dalamnya.

Minuman lemon kunyit adalah campuran dari jeruk nipis dan kunyit. Minuman sehat ini memiliki rasa berbeda, tapi menyegarkan, dan juga akan menyehatkan tubuh peminumnya.

Baca juga: Suhu Tubuh Tinggi, Obati dengan 5 Minuman Sehat Ini 

Mengonsumsi minuman lemon kunyit dianggap sebagai cara terbaik untuk mendapatkan manfaat terapeutik dari kunyit dan jeruk nipis tanpa mengurangi rasanya.

Di dalamnya terdapat kandungan kurkumin, fitokimia utama dalam kunyit. Ini diyakini efektif mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti anoreksia, luka diabetes, arthritis, sampai penyakit inflamasi.

Sebagaimana dilansir laman Boldsky, berikut ini deretan khasiat yang bisa didapat dari minuman lemon kunyit. Yuk disimak.

1. Mencegah alzheimer

Lemon kunyit dapat membantu menekan kerusakan oksidatif pada otak, mengurangi peradangan dan mencegah penurunan kognitif serta penumpukan amiloid di mana hal tersebut dapat menurunkan risiko alzheimer.

Ilustrasi minuman lemon kunyit. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Mengurangi gejala depresi

Lemon kunyit bisa berperan juga sebagai antidepresan. Kemudian dapat membantu mengurangi gejala depresi seperti kecemasan, kelelahan, kehilangan minat, kehilangan nafsu makan, masalah tidur, iritasi, kemarahan, perubahan suasana hati, dan pikiran untuk bunuh diri.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Minum lemon kunyit juga bisa menambah kekebalan tubuh karena adanya limfosit pada kunyit yang dapat membantu melawan infeksi dalam tubuh.

Baca juga: Daftar Minuman Sehat yang Cocok Diminum saat Pagi Hari 

4. Melindungi organ hati

Sebuah penelitian mengatakan bahwa asam sitrat yang ada dalam kunyit bisa membantu mengurangi stres oksidatif yang diinduksi oleh endotoksin dan dapat mencegah hati dari kerusakan atau cedera.

5. Menurunkan risiko kanker

Menurut sebuah penelitian, kurkumin pada kunyit memiliki kemampuan antioksidan kuat pada pH netral dan asam. Jika diaktifkan dengan benar, kurkumin dapat menyebabkan apoptosis dan mengurangi risiko kanker.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini