Pernah Bercerai dan Ingin Menikah Lagi, Perhatikan 5 Hal Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 612 2384559 pernah-bercerai-dan-ingin-menikah-lagi-perhatikan-5-hal-ini-eQOOwnPj0m.jpg Menikah (Foto: Today Show)

Memang pengalaman pernah bercerai bisa membuat seseorang menjadi trauma. Namun jika trauma Anda sudah sembuh dan pulih dari luka lama, tak ada salahnya membuka hari untuk cinta kedua.

Namun, menikah untuk kedua kalinya harus dilakukan dengan persiapan yang lebih matang. Kedua pihak harus matang secara mental. emosional, dan finansial.

Seperti dilansir dari Times of India, perhatikan 5 hal ini jika mau menikah lagi.

 jatuh cinta

1. Jatuh cinta

Usai bercerai memang tidak mudah untuk percaya dengan seseorang yang baru, apalagi menjalin cinta. Namun, jika Anda akhirnya bertemu dengan seseorang yang siap untuk bersama Anda dalam keadaan terburuk, selalu memprioritaskan Anda, dan membantu Anda percaya bahwa cinta memang membutuhkan kesempatan kedua, maka orang itu layak untuk Anda nikahi.

2. Lakukan perencanaan keuangan

Menikah lagi tanpa kesesuaian finansial bisa menjadi keputusan yang tidak dewasa. Jadi pastikan Anda dan pasangan baru Anda mampu secara finansial. Sebab memang masalah finansial sering jadi alasan perceraian.

3. Pastikan untuk memenuhi kebutuhan satu sama lain

Menikahlah dengan seseorang yang siap mengemban tanggung jawab Anda dan sebaliknya. Jangan hanya bergantung pada orang lain untuk semua kebutuhan Anda. Pastikan Anda memenuhi keinginan mereka juga. Hargai kesempatan yang diberikan kepadamu sekali lagi.

4. Tidak ada paksaan, tapi keinginan murni

Seharusnya tidak ada paksaan untuk menikahi seseorang lagi, kecuali jika Anda benar-benar menginginkan seorang pendamping. Pernikahan kedua setelah perceraian seharusnya hanya menjadi keputusan yang melibatkan cinta dan kenyamanan.

Jika Anda yakin bahwa Anda secara sukarela bersemangat menghabiskan sisa hidup Anda dengan orang tersebut, lanjutkan saja. Anda bisa memiliki kebahagiaan Anda lagi.

5. Yakinkan ini bukan lagi sekedar nafsu

Anda mungkin memulai sebagai hubungan kasual setelah perceraian, tetapi sekarang, jika Anda berdua yakin bahwa hubungan cinta kalian lebih dari sekadar nafsu birahi, maka Anda berdua berada di arah yang benar.

Semangat saja tidak cukup untuk membuat pernikahan jangka panjang berhasil. Jika Anda dan pasangan saat ini diliputi perasaan cinta yang dalam, mungkin inilah saatnya Anda memberi diri Anda kesempatan kedua untuk menikah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini