4 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Bahan Alami

Nurdian Iqbaludin, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 612 2384571 4-cara-mengatasi-rambut-rontok-dengan-bahan-alami-KhUsqCvGLd.jpg Rambut rontok (Foto: Park Avenue Dermatology)

Mempunyai rambut rontok memang tidak menyenangkan. Sebab jika rambut terus-menerus rontok, maka rambut di kepala jadi makin tipis.

Oleh karena itu Anda harus segera merawat rambut agar tidak semakin rontok. Seperti dilansir dari Times of India, berikut ini berbagai cara untuk mengatasi rambut rontok.

 minyak almond

1. Minyak almond

Cara mengatasi rambut rontok bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan minyak almond. Jenis minyak itu mengandung banyak vitamin E, antioksidan, protein, dan asam lemak yang berguna untuk memperkuat rambut sehingga tidak mudah rontok.

Karena memiliki banyak pelembab alami, minyak almond cocok digunakan oleh Anda yang mengalami rambut rontok akibat kondisinya yang kering. Anda bisa memakai minyak almond secara langsung pada rambut dan kulit kepala atau menghangatkannya dulu sebelum memakainya.

2. Bawang merah

Meski memiliki aroma yang menyengat, bawang merah bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi kerontokan rambut. Anda hanya perlu mengaplikasikan ekstrak bawang merah ke rambut dan kulit kepala selama minimal 15 menit lalu bilas dengan sampo yang biasa Anda pakai.

3. Minyak kelapa

Selain minyak almond, Kama Ayurveda merekomendasikan minyak kelapa untuk megobati krontokan rambut. Asam lemak, vitamin, dan mineral yang terkandung dalam minyak kelapa mampu masuk ke folikel rambut sehingga rambut menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Tak berhenti sampai di situ, minyak kelapa juga bisa melembutkan dan melindungi rambut dari suhu panas yang berasal dari alat penata rambut. Bahkan, jenis minyak itu cocok digunakan untuk semua tipe rambut.

4. Lidah buaya

Cara mengatasi rambut rontok selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Bahan alami itu mampu mengurangi ketombe dan menurunkan risiko folikel rambut yang tersumbat akibat produksi minyak berlebih. Anda hanya perlu mengaplikasikannya minimal dua kali dalam seminggu.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini