3 Hal Utama yang Tak Boleh Diabaikan saat WFH

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 19:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 612 2384716 3-hal-utama-yang-tak-boleh-diabaikan-saat-wfh-hc7zgQ6QQa.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

SAMBIL menunggu vaksin diberikan pada semua orang, maka kita pun dianjurkan untuk bekerja dari rumah alias work from home (WFH) di tengah pandemi. Tapi, bekerja di rumah membuat tubuh kita tidak seimbang.

Praktisi Kesehatan Tidur, dr. Andreas Prasadja, RPSGT, Dr. Andreas Prasadja, RPSGT mengungkapkan, selama WFH kita harus juga menjaga kesehatan tubuh.

“Menjaga kesehatan tubuh selama WFH dapat dilakukan lewat 3 hal utama yaitu keseimbangan nutrisi dan vitamin, olahraga teratur hingga tidur yang cukup,” jelas dia seperti dilansir dari keterangan Tokopedia.

wfh

Tidur Cukup Cegah Obesitas

Menurut dr. Andreas, durasi tidur yang ideal adalah 7-9 jam sehari. Jika durasi ini terpenuhi, maka kebutuhan tidur pun tercukupi sehingga kinerja tubuh lebih optimal.

“Jam tidur yang tidak teratur mempengaruhi sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga akan lebih mudah terkena penyakit. Selain itu, sering tidur larut malam juga dapat menimbulkan obesitas yang bisa memicu komplikasi penyakit lainnya,” tambah dr. Andreas.

Jangan Olahraga Malam Hari

Selain menjaga kebugaran, olahraga juga dapat menurunkan tingkat stres selama bekerja di rumah. Stretching, yoga, zumba serta menari dapat menjadi pilihan olahraga ringan yang dilakukan di rumah.

“Aturlah waktu untuk berolahraga setiap hari, misalnya pada pagi hari sebelum memulai aktivitas atau pada sore hari. Sebaiknya jangan berolahraga malam hari karena akan memicu naiknya adrenalin sehingga menyebabkan susah tidur,” jelas dr. Andreas.

Nutrisi Seimbang Tingkatkan Imunitas

Kesadaran masyarakat untuk mengonsumsi makanan sehat semakin tinggi, terutama di tengah pandemi. Selain dapat mengurangi risiko terkena penyakit, mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin juga dapat membantu meningkatkan imunitas.

“Di Tokopedia sendiri, transaksi kategori Kesehatan meningkat hampir 3x lipat pada kuartal I 2021 jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Produk vitamin pun meningkat hampir 5x lipat,” terang External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini