Atasi Hipertensi si Silent Killer dengan Jus Tomat

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 26 Maret 2021 22:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 26 612 2384760 atasi-hipertensi-si-silent-killer-dengan-jus-tomat-vEf6qnowcf.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

STRES seringkali disertai risiko hipertensi atau tekanan darah tinggi. Kondisi ini pun bisa diatasi dengan menjalani pengobatan yang tepat dan mengubah pola hidup tidak sehat.

Jika hipertensi tidak terkendali, bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke, karenanya Anda bisa mengatasinya dengan bahan darurat ini. Sebagaimana dikutip dari laman Times of India, menurut ahli ada satu asupan terbaik yang bisa menurunkan risiko hipertensi yakni jus tomat.

Hipertensi dikenal juga sebagai "silent killer" karena seringkali tidak menunjukkan tanda-tanda peringatan dini. Inilah alasan mengapa dalam banyak kasus penyakit hipertensi tetap tidak terdiagnosis dan orang-orang mengetahuinya ketika mencapai tingkat yang berbahaya.

Salah satu cara termudah untuk mengatasi hipertensi adalah dengan memantaunya setiap hari. Studi menunjukkan bahwa jus tomat tidak hanya dapat menurunkan tekanan darah, tetapi juga membantu mengelola kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Hipertensi

Dalam studi tersebut, ilmuwan memeriksa hampir 500 partisipan asal Jepang yang terdiri dari pria dan wanita. Menurut hasil studi yang sudah diterbitkan dalam 'Journal of Food Science and Nutrition' itu, para partisipan diberikan jus tomat tanpa garam selama setahun penuh.

Mereka diminta menulis di buku harian terkait asupan yang dikonsumsi setiap hari dan perubahan yang diperhatikan dalam kesehatannya. Di akhir studi, ditemukan bahwa tekanan darah 94 peserta pra-hipertensi atau hipertensi yang tidak diobati turun secara signifikan setelah meminum jus tomat secara rutin.

Efek menguntungkannya serupa di antara pria, wanita, dan perbedaannya turun dari 141,2 menjadi 137 mmHg, serta tekanan darah diastolik turun dari 83,3 menjadi 80,9 mmHg. Manfaat potensial jus tomat adalah karena berbagai senyawa bioaktif seperti karotenoid, vitamin A, kalsium, dan asam gamma-aminobutirat yang terdapat dalam buah merah ini.

Senyawa tersebut diyakini berperan besar dalam menjaga kesehatan fisik dan psikis, termasuk pencegahan penyakit kardiovaskular. Jus tomat juga kaya likopen, antioksidan kuat dengan manfaat kesehatan yang luar biasa.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini