Share

Hati-Hati, Ini Gejala yang Akan Muncul jika Demam Tidak Mereda

Iman Firmansyah, Jurnalis · Sabtu 27 Maret 2021 03:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 481 2384811 hati-hati-ini-gejala-yang-akan-muncul-jika-demam-tidak-mereda-AtNMqARmql.jpg Ilustrasi sakit demam. (Foto: Freepik)

SETIAP orang pasti pernah merasakan demam atau suhu tubuh tinggi. Kondisi tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh sedang melawan infeksi.

Tapi harus hati-hati jika demam tidak cepat mereda. Pasalnya, bisa muncul gejala-gejala lain yang cukup memengaruhi kondisi tubuh.

Berikut ini empat tanda atau gejala yang bisa muncul jika demam tidak kunjung reda, sebagaimana dilaporkan laman Boldsky.

Baca juga: Badan Demam Usai Disuntik Vaksin Covid-19? Lakukan 3 Hal Ini 

1. Menggigil

Kondisi ini terjadi biasanya dibarengi dengan dua kondisi yaitu disertai demam dan terpapar lingkungan dingin.

Ilustrasi sakit demam.

2. Sakit kepala

Demam dan sakit kepala dianggap sebagai kombinasi gejala yang paling berat. Sakit kepala berat dengan demam tinggi juga bisa menjadi tanda evolusi meningitis bakterial. Ini adalah infeksi yang mengancam jiwa yang dapat memengaruhi otak dan sumsum tulang belakang.

3. Kejang

Dalam beberapa kasus, kejang juga bisa terjadi. Biasanya kejang saat demam tidak pernah membahayakan anak, namun hal itu bisa sangat menakutkan bagi orangtua.

Baca juga: Suhu Tubuh Tinggi, Waspadai 4 Gejala Ini yang Mungkin Akan Dirasakan 

4. Dehidrasi

Makin tinggi suhu tubuh Anda, maka akan mengalami dehidrasi. Demam juga menjadi salah satu faktor dehidrasi. Jika merasa tidak nyaman dan tidak mengonsumsi cukup cairan, coba tambahkan dengan acetaminophen atau ibuprofen untuk mengendalikan demam.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini