Mengenal Gejala Maag dan Cara Mencegahnya

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 06:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 27 481 2385085 mengenal-gejala-maag-dan-cara-mencegahnya-HFhA19EMw1.jpg Gejala maag (Foto: Medical News Today)

Hingga saat ini masih banyak orang yang merasakan gejala maag. Mereka merasakan sakit di bagian perut.

Nah, tahukah kalian sindrom dispepsia atau umum disebut gejala maag, merupakan gejala yang sering menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut bagian tengah sampai ke bagian atas.

 gejala maag

Dokter Siloam Hospitals Ambon, Dokter Ivana Theresia menjelaskan, sindrom dispepsia merupakan sekumpulan gejala yang dideskripsikan sebagai rasa tidak nyaman pada perut. Seperti perut terasa penuh, kembung, sakit perut, dan nyeri ulu hati.

"Namun, perlu ditekankan bahwa dispepsia bukanlah penyakit, melainkan gejala dari suatu penyakit atau adanya gangguan pencernaan," terang Dokter Ivana, Minggu, (28/3/2021).

Menurut Dokter Ivana, secara umum, kondisi tersebut disebabkan karena adanya gangguan dalam pencernaan, seperti sekresi asam lambung yang meningkat. Namun dalam beberapa kasus, gejala maag dapat pula dipicu oleh Infeksi atau penggunaan obat-obatan tertentu.

Gejala maag bisa disebabkan sejumlah faktor penyebab, antara lain pola makan, tingkat stress, dan gaya hidup yang tidak sesuai.

"Perhatikan pola makan dan waktu makan. Jangan pula terlalu cepat menelan makanan. Sebaiknya mengunyah makanan sampai benar-benar lumat agar dapat meringankan kerja lambung dalam mengolah makanan baik secara kimiawi atau mekanik," ungkap Dokter Ivana.

Supaya tidak timbul gejala maag, terang Dokter Ivana, batasi konsumsi makan yang berlebihan termasuk makanan berlemak, berminyak, asam, santan dan pedas.

"Batasi juga kandungan kafein, alkohol dan tidak merokok. Beberapa antibiotik dan obat-obatan penghilang rasa nyeri juga menjadi pemicu terjadinya dispepsia," imbuhnya mengingatkan.

Orang yang mengalami sindrom dispepsia biasanya akan merasakan munculnya gejala sindrom tersebut sebelum makan atau dalam waktu beberapa saat setelah makan.

Gejala yang dirasakan dari sindrom dispepsia biasanya berupa sakit perut atau kembung, nyeri ulu hati, mual, muntah, dan banyak bersendawa.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini