Masa Pandemi, Sustainable Fashion Jadi Inspirasi Perancang untuk Sambut Ramadhan

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 11:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 194 2385292 masa-pandemi-sustainable-fashion-jadi-inspirasi-perancang-untuk-sambut-ramadhan-s3qrsKvQ65.jpg Model sustainable fashion untuk Ramadhan di masa pandemi covid-19. (Foto: MUFFEST 2021)

SUSTAINABLE fashion atau fesyen berkelanjutan saat ini tengah menjadi fokus perhatian. Apalagi makin terlihat jelas di masa pandemi covid-19 ini dan tidak lama lagi masuk bulan Ramadhan.

Hal itu tampak dalam acara tahunan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) 2021. Bekerja sama dengan Asia Pasific Rayon (APR), gelaran ini menampilkan show bertema "Sustainably Modest" yang digelar di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Baca juga: Sambut Ramadan, Ini 8 Tren Hijab Paling Populer di 2021 

Sustainable fashion ini menghadirkan 30 koleksi dalam koleksi ready to wear busana Muslim. Ini bisa menjadi inspirasi fashion ketika bulan Ramadhan mendatang.

Fashion hijab MUFEST 2021. (Foto: MUFFEST)

Seluruh koleksi kolaborasi yang ditampilkan tersebut menggunakan bahan baku utama viscose-rayon produksi APR.

Serat viscose-rayon dikenal sebagai bahan baku tekstil yang mendukung tren sustainable fashion, sebab sifatnya renewable atau mudah terurai dan dapat terlacak.

Baca juga: Tampil Stylish dengan Hijab Bunga Raya Penuh Makna 

Desain ini dirancang oleh perancang busana Inem Signature. Semua hasil rancangannya itu berhubungan dengan kecintaan alam dalam mencintai Bumi.

"Sisa dari penggunaan ecoprint yang tidak terpakai bisa dipakai sebagai pupuk, jadi semua tidak terbuang percuma. Kalau dibuang pun dapat diterima kembali oleh bumi secara alami," kata Inen dalam konferensi pers virtual 'Fashion Parade by APR' di MUFFEST, Sabtu 27 Maret 2021.

Menurut dia, konsep desainnya ini terinspirasi dari kondisi pandemi covid-19. Misalnya, motif kayu secang yang dijadikan sebagai corak dari desain.

Sebagaimana diketahui, kayu secang merupakan tumbuhan banyak dicari oleh masyarakat sebagai pengobatan alami serta dapat menjaga kesehatan dan stamina.

Baca juga: 4 Inspirasi Gaya Hijab dari Para Artis di Momen Isra Miraj, Cantik dan Syari 

Fashion hijab MUFFEST 2021. (Foto: MUFFEST)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini