Uniknya Soto Gertak, Kuliner Asli Kulonprogo yang Murah dan Lezat

Budi Utomo, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 298 2385315 uniknya-soto-gertak-kuliner-asli-kulonprogo-yang-murah-dan-lezat-akPctFZOv4.jpg Soto gertak asli Kulonprogo. (Foto: Budi Utomo/MNC Media)

SOTO merupakan salah satu makanan tradisional yang digemari masyarakat Indonesia. Salah satu penganan soto yang wajib dicoba adalah soto gertak di kawasan Wates, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Soto gertak menyajikan kuah dengan rasa lebih nendang. Kuliner ini memiliki rasa pedas dari bumbu rempah-rempah, lalu kaldu gurih yang kental. Dijamin akan mampu memanjakan lidah pencinta kuliner.

Baca juga: Resep Soto Balungan Ayam, Hidangan Spesial Akhir Pekan Bersama Keluarga 

Meskipun namanya sedikit unik, soto gertak justru banyak dicari pencinta kuliner, khususnya di Yogyakarta dan sekitarnya.

Nama gertak diambil dari kepanjangan 'seger tur enak'. Sesuai namanya, kuliner berkuah yang satu ini pun selalu menjadi rebutan, khususnya bagi pencinta kuliner berkuah saat jam sarapan pagi dan makan siang.

Soto gertak asli Kulonprogo. (Foto: Budi Utomo/MNC Media)

Kuah kental berwarna agak kuning kecoklatan hasil perpaduan beberapa rempah seperti kapulaga, cengkih, jahe, serai, dan beberapa bahan lain ramuan leluhur. Bahan-bahan tersebut membuat kuah soto gertak ini tidak pernah dilewatkan pelanggan, khususnya pencinta kuliner kuah yang tengah berada di Kulonprogo.

Tidak heran, begitu dibuka, kedai soto gertak ini selalu menjadi serbuan para pencinta kuliner. Selain rasa kuah yang khas dengan berbagai pilihan, mulai soto ayam, daging, babat, hingga kombinasi; harga yang dibanderol juga terbilang murah.

Baca juga: Musim Hujan, Makan Malam dengan Soto Daging Fettuccini Yuk! 

"Makan soto di sini karena dekat dengan kantor, harga terjangkau, rasanya enak sesuai namannya seger. Meski harganya murah, tetap enak. Ini saya pesan soto sapi, suami pesan soto babat. Harga Rp10 ribu, dagingnya banyak. Sejak dulu sudah langganan di sini," kata salah seorang pembeli bernama Esti Wuri kepada MNC Media.

Sementara pembeli lainnya yakni Dedi Supramanta mengatakan rasa soto gertak sangat enak, rempah-renahnya sangat terasa. "Saya pilih soto babat karena saya suka babat, harga juga murah hanya Rp10 ribu per porsi," ungkapnya.

Sempat mengalami pasang surut, terlebih ketika diterpa pandemi covid-19, kedai soto gertak tetap bertahan seiring berjalannya waktu. Memasuki era new normal, soto gertak justru mampu membuka kedai baru dengan area yang lebih luas dan lebih nyaman.

Sapta, pemilik kedai soto gertak, mengatakan para pelanggan menginginkan soto yang agak beda. "Soto untuk daerah Kulonprogo atau Yogyakarta itu kan rata-rata sotonya bening, tapi kita pakai soto yang agak kental tapi tidak pakai santan. Di sini ada soto ayam, sapi, dan babat. Keistimewaannya ya kesegarannya yang memang ada resep yang saya buat sendiri," jelasnya.

Baca juga: Hujan-Hujan, Enaknya Bikin Soto Ayam Yuk 

Pengunjung pun tidak hanya didominasi warga dari Kulonprogo, namun juga berbagai kota lain seperti Yogyakarta, Kebumen, bahkan hingga Jawa Timur yang sedang berwisata ke sana.

Menikmati soto gertak di sini, pelanggan harus sedikit bersabar. Pasalnya untuk dapat menikmati semangkok soto gertak, pelanggan wajib mengantre, apalagi saat jam makan siang.

Baca juga: Mudah Memasak Soto Lenthok Khas Yogya yang Nikmat, Coba Yuk 

Menikmati satu porsi soto gertak, pelanggan hanya cukup membayar Rp10 ribu. Tinggal tambahan beberapa lauk seperti sate ati ampela, sate usus, atau gorengan yang akan membuat soto ini menjadi makin menggugah selera.

Nah, bagi pencinta kuliner yang sedang berada di Wates, Kabupaten Kulonprogo, soto gertak yang berlokasi di Jalan Tentara Pelajar dan Jalan Ki Josuto ini bisa dijadikan referensi untuk mencicipi kuliner berkuah bersama keluarga atau teman-teman.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini