Menkes Ungkap Penyebab Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Belum di Semua Wilayah

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 10:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 481 2385284 menkes-ungkap-penyebab-vaksinasi-covid-19-untuk-lansia-belum-di-semua-wilayah-WI51aoITqQ.jpg Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: KBUMN)

VAKSINASI covid-19 untuk lansia merupakan program yang diprioritaskan. Sebab, kelompok lanjut usia ini paling rentan terpapar virus corona, khususnya bagi mereka yang memiliki penyakit penyerta atau komorbid.

Namun pemberian vaksin covid-19 untuk lansia belum sepenuhnya dapat merata, khususnya di wilayah terpencil. Selain itu, masih ada yang belum paham cara mendaftar serta di mana seharusnya mendapatkan vaksin.

Baca juga: Lansia Tertua yang Disuntik Vaksin Covid-19, Usianya 104 Tahun 

"Saya ingin dan akan memfokuskan ke lansia. Lansia ini agak sulit juga memvaksinnya. Mereka ada yang ragu datang, tidak mobile dibandingkan yang lebih mudah," ujar Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin saat konferensi pers virtual Kementerian Kesehatan, Sabtu 27 Maret 2021.

Vaksinasi covid-19 sistem drive thru untuk lansia. (Foto: Instagram @kemenkes_ri)

Menkes Budi mengatakan bahwa Kemenkes saat ini sedang berupaya memeratakan pemberian vaksin covid-19 untuk lansia. Hal ini khususnya bagi mereka yang tinggal di daerah-daerah jauh dari perkotaan.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Vaksinasi bagi Calon Jamaah Haji Lansia 

Sementara itu, DKI Jakarta dan Jawa saat ini menjadi wilayah yang mudah untuk dilakukan vaksinasi covid-19 kepada lansia.

"Jawa dan Jakarta relatif lebih tinggi dalam vaksinasi covid-19. Jadi kita akan pastikan terus, karena sekali lagi, kita 1 juta orang terkena covid-19," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini