4 Makanan yang Bisa Kurangi Nafsu Makan, Cocok untuk Program Diet

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Minggu 28 Maret 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 481 2385359 4-makanan-yang-bisa-kurangi-nafsu-makan-cocok-untuk-program-diet-LMN7KtP1Xj.jpg Ilustrasi makanan sehat yang bisa menghilangkan nafsu makan. (Foto: Pvproductions/Freepik)

TANTANGAN terbesar bagi setiap orang yang sedang menurunkan berat badan mengendalikan makan. Tapi tenang saja, ternyata ada makanan yang bisa mengurangi nafsu makan, sangat cocok untuk pelaku program diet.

Makanan yang dapat menekan selera makan ini dinilai lebih aman untuk dikonsumsi dibandingkan suplemen yang ada di pasaran. Pasalnya, makanan tersebut bisa tetap memberikan nutrisi untuk tubuh.

Langsung saja, berikut ini empat makanan yang bisa mengurangi nafsu makan, sangat cocok untuk program diet, sebagaimana dinukil dari laman Times of India, Minggu (28/3/2021).

Baca juga: 7 Makanan yang Boleh Dikonsumsi Pelaku Diet Keto 

1. Almond

Segenggam almond bisa menjadi camilan yang sangat baik untuk meredakan rasa lapar di sore hari. Almond sarat dengan nutrisi seperti vitamin E, magnesium, antioksidan, dan bahkan sumber serat. Ini membantu menekan rasa lapar sebelum waktunya. Makan kacang almond saat merasa lapar bisa meningkatkan rasa kenyang. Jangan makan kacang almond lebih dari segenggam dalam sehari.

Kacang almond. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

2. Cokelat hitam

Siapa bilang cokelat tidak sehat? Tukar cokelat susu biasa dengan cokelat hitam untuk memuaskan rasa manis tanpa mengonsumsi kalori berlebih. Cokelat hitam yang mengandung 70 persen cocoa bisa menekan nafsu makan. Bahkan asam stearat yang ada dalam cokelat hitam membantu memperlambat pencernaan dan membuat kenyang untuk waktu yang lebih lama. Hindari makan lebih dari dua potong cokelat hitam sekaligus.

Baca juga: Ini 3 Faktor yang Menentukan Keberhasilan Program Diet 

3. Kayu manis

Kayu manis yang manis dan bersahaja juga merupakan penekan nafsu makan yang sangat baik. Bumbu umum yang banyak digunakan dalam memanggang ini membantu menekan nafsu makan dengan menstabilkan kadar gula darah dan menunda pengosongan lambung. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 2007 mengungkapkan bahwa mengonsumsi 6 gram bubuk kayu manis dalam makanan dapat memperlambat proses pengosongan perut dan dapat membantu tetap kenyang. Anda bisa menambahkan bubuk kayu manis ke oatmeal atau menaburkan bubuk kayu manis di atas teh atau smoothie.

4. Jahe

Jahe telah lama digunakan untuk mengobati berbagai jenis penyakit kesehatan. Akar jahe yang harum memiliki kekuatan pencernaan luar biasa. Senyawa yang ada di dalam akar jahe dapat merangsang sistem pencernaan, meredakan mual, dan menekan nafsu makan. Menurut sebuah studi kecil pada 2012, pria yang mengonsumsi jahe saat sarapan tidak merasa lapar setidaknya selama 3 jam setelah makan. Anda bisa menambahkan jahe ke makanan atau minuman teh untuk mendapatkan manfaat yang luar biasa.

Baca juga: Catat, Diet Sangat Rendah Kalori Harus Diawasi Ahli 

Jahe. (Foto: Freepik)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini