Kenali Eating Disorder, Gangguan Perilaku Makan yang Harus Segera Diatasi

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 03:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 612 2385405 kenali-eating-disorder-gangguan-perilaku-makan-yang-harus-segera-diatasi-P3z7JSDIJR.jpg Ilustrasi eating disorder. (Foto: Drobotdean/Freepik)

PERNAHKAH Anda mendengar istilah eating disorder? Ini merupakan gangguan perilaku makan yang dialami seseorang. Di mana orang tersebut tidak dapat mengontrol porsi makanan yang akan dikonsumsi.

Kondisi eating disorder harus segera diatasi untuk bisa mengonsumsi makanan secara lebih baik. Lantas, bagaimana mengenali eating disorder? Berikut gejala-gejalanya, seperti dilansir laman Betterhelp, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Supaya Anak Tumbuh Sehat, Terapkan Aturan Makan dan Tidur Ini 

1. Sering melewatkan makan dan beralasan

Kebiasaan melewatkan makan di waktu yang tepat dan memberikan alasan untuk tidak makan menjadi tanda Anda memiliki eating disorder atau gangguan makan.

Ilustrasi makan. (Foto: Wayhomestudio/Freepik)

2. Perilaku aneh saat makan

Perilaku aneh yang ditunjukkan saat makan seperti menghindari makan, sering meninggalkan meja makan, hingga memakan makanan berbeda dari yang lain dapat menjadi gejala eating disorder.

Baca juga: Kurangi Risiko Penularan Covid-19 saat Makan di Restoran, Jangan Ngobrol! 

3. Mengeluarkan makanan yang sudah dikonsumsi

Ingin mengeluarkan makanan atau kalori yang telah dikonsumsi juga gejala eating disorder. Ini dapat berupa ingin memuntahkan makanan yang telah dimakan atau dengan berolahraga ekstra supaya kalori yang telah dikonsumsi dapat keluar dari tubuh.

4. Terobsesi dengan bentuk tubuh

Memiliki tubuh yang ideal memang dambaan semua orang. Tetapi jika terus-menerus membahas bentuk tubuh dengan sangat berfokus pada makanan sehat dan sangat terobsesi dengan itu, maka ini bisa jadi gejala eating disorder yang sangat tidak sehat, karena jika hal yang diinginkan tidak tercapai maka mental yang akan terganggu.

Baca juga: Hindari Kesalahan Ini saat Makan Malam, Nomor 6 Paling Bahayakan Kesehatan 

5. Hal-hal di luar kendali

Tidak dapat mengontrol porsi makan yang dikonsumsi. Kadang porsi makan yang dimakan banyak dan ingin terus menambah. Lalu kadang ingin makan dengan porsi dikit atau tidak makan sama sekali. kemudian memiliki rasa ketakutan yang berlebih setelah mengonsumsi makanan, maka hal ini merupakan eating disorder.

6. Rasa trauma

Trauma yang dimaksud dikarenakan pola makan yang tidak teratur dan berbahaya, hal ini dapat muncul dari beberapa efek psikologis. Misalnya rasa bersalah atau kemarahan yang salah arah. Hal tersebut bisa menambah eating disorder.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini