Emosi Jangan Sampai Menyakiti Diri Sendiri, Ini Cara Mengatasinya

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 28 612 2385411 emosi-jangan-sampai-menyakiti-diri-sendiri-ini-cara-mengatasinya-F8NPvCnUz6.jpg Ilustrasi emosi. (Foto: Cookie Studio/Freepik)

EMOSI merupakan perasaan marah dalam diri. Emosi juga dapat diluapkan dengan berteriak, bergerak tidak terkendali, dan yang paling bahaya menyakiti diri sendiri atau disebut self harm.

Perilaku self harm karena emosi akan sangat bahaya jika tidak ditangani dengan benar. Lantas, bagaimana cara mengatasinya? Berikut langkahnya, seperti dinukil dari unggahan akun Instagram @novilda.id, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Para Ahli Sebut Asma Bisa Kambuh karena Stres dan Cemas 

1. Cari tahu penyebabnya

Carilah penyebab emosimu terjadi, lalu selesaikan dengan cara yang terbaik. Menyakiti diri sendiri hanya akan memperburuk keadaan dan membuat tubuh sakit.

Ilustrasi emosi. (Foto: Unsplash)

2. Berbicara dengan orang yang dipercaya

Ceritakanlah masalah yang dialami kepada orang yang sangat dipercayai. Dengan cara ini mungkin emosi yang dipendam akan dapat reda dan perasaan jadi lebih baik. Bisa juga orang tersebut akan memberikan jalan keluar dari masalah ini.

Baca juga: Sakit Punggung Ternyata Bisa Dipengaruhi Keadaan Emosi 

3. Lakukan aktivitas baru yang positif

Saat sedang emosi, seseorang bisa melakukan aktivitas baru yang positif. Hal ini dapat menurunkan emosi dan tidak akan berlarut dalam keadaan terpuruk yang dialami.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini