Pencinta Manis, Ini 3 Pengganti Gula untuk Mengurangi Kalori

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 298 2385718 pencinta-manis-ini-3-pengganti-gula-untuk-mengurangi-kalori-fIoFQrBJPK.jpg Makanan manis (Foto: Top 10 recipes)

Gula sepertinya menjadi kelemahan banyak orang. Sebab banyak orang menyukai makanan dan minuman yang rasanya manis.

Bagi kamu yang ingin terhindar dari diabetes, salah satu usaha yang dilakukan adalah mengurangi konsumsi gula.

Namun jika kamu tetap ingin menikmati rasa manis, berikut ini terdapat berbagai bahan pengganti gula yang bisa dinikmati rasa manisnya seperti dilansir dari Femina India. Apa saja?

 madu

1. Madu mentah

Nektar buah ini penuh dengan khasiat sehat dan penyembuhan memiliki tingkat fruktosa yang tinggi (53 persen), tetapi juga mengandung vitamin, mineral, antioksidan, enzim jejak dan asam amino. Selain menawarkan manfaat penurunan berat badan, madu juga meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang baik. Untuk mendapatkan manfaat paling banyak, tambahkan madu ke pancake dan salad buah.

2. Gula kurma

Pengganti gula ini dibuat dari kurma kering yang digiling. Kaya akan vitamin, serat, folat, zat besi, kalsium, dan kalium, gula kurma memiliki lebih banyak antioksidan dibandingkan dengan kebanyakan pemanis lainnya.

Memiliki kandungan fruktosa yang tinggi, gula ini adalah alternatif yang lebih baik untuk gula merah (daripada gula putih) karena teksturnya yang menggumpal. Selain itu gula kurma meningkatkan gula darah lebih rendah daripada gula rafinasi.

3. Gula tetes

Gula tetes yang kental dan lengket adalah produk sampingan dari proses pembuatan gula. Gula tetes mengandung nutrisi seperti kalsium, zat besi, seng, magnesium, tembaga, dan kalium.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini