6 Sayuran dan Buah Ini Miliki Banyak Nutrisi di Kulitnya

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 298 2385987 6-sayuran-dan-buah-ini-miliki-banyak-nutrisi-di-kulitnya-riGFR88JXH.jpg Ilustrasi sayuran dan buah. (Foto: Freepik)

KETIKA hendak mengonsumsi sayuran atau buah, banyak orang mengupas kulitnya. Tapi ternyata ada beberapa sayuran dan buah yang sebaiknya tidak dikupas kulitnya karena memiliki banyak nutrisi.

Ahli gizi Malina Malkani mengatakan bahwa ada beberapa sayuran dan buah yang kulitnya lebih tinggi antioksidan, serat, vitamin, dan mineral daripada dagingnya. Akan jauh lebih baik jika tidak mengupasnya untuk meningkatkan nutrisi kesehatan yang dikonsumsi.

Lalu sayuran dan buah apa saja yang sebaiknya tidak dikupas kulitnya? Berikut penjelasannya, seperti dilaporkan laman Readers Digest.

Baca juga: Blueberry Tidak Cuma Enak, Yuk Kenali 6 Khasiatnya untuk Kesehatan 

1. Terong

Kulit terong adalah tempat sebagian besar nutrisi bertempat. Sebanyak 92 persen terong memiliki kandungan air. Selain itu di kulit terong juga terdapat serat ekstra, flavonoid, dan magnesium.

2. Kentang

Siapa sangka kulit kentang mengandung serat, zat besi, vitamin C, kalium, dan asam folat. Akan sangat sayang jika harus membuangnya begitu saja. Daripada mengupas kulitnya, gunakanlah sikat sayur untuk menghilangkan kotoran kentang sebelum dimasak.

Buah bergizi. (Foto: Silviarita/Freepik)

3. Pir

Buah pir memang seringkali dimakan setelah kulitnya dikupas. Namun jangan sia-siakan serat, dan antioksidan yang terkandung di dalamnya. Buah ini hanya perlu dicuci bersih sebelum dimakan.

4. Timun

Pada kulit timun terdapat vitamin K, serat, dan kalium. Tapi jangan lupa untuk selalu mencucinya terlebih dahulu sebelum dimakan untuk menghilangkan lapisan lilinnya.

Baca juga: 6 Manfaat Rambutan untuk Kesehatan, Banyak yang Belum Tahu Lho 

5. Tomat

Pada kulit Tomat terkandung konsentrasi naringerin flavonoid yang tinggi. Penelitian menunjukkan memasak tomat dengan kulitnya dapat meningkatkan ketersediaan beberapa nutrisi.

6. Apel

Apel adalah buah yang paling disarankan untuk tidak dikupas karena memiliki serat tidak larut, vitamin C, vitamin A, dan quercetin flavonoid. Meskipun memiliki tingkat pestisida yang lebih tinggi, masih bisa dihilangkan dengan mencucinya dengan sangat bersih atau membeli apel organik.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini