Enggak Cuma Bikin Berkeringat, Makanan Pedas Juga Banyak Khasiatnya Lho

Uthari Handayani, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 23:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 298 2386010 enggak-cuma-bikin-berkeringat-makanan-pedas-juga-banyak-khasiatnya-lho-nX9SBMzHHP.jpg Ilustrasi makanan pedas. (Foto: Jcomp/Freepik)

BAGI masyarakat Tanah Air, makanan pedas adalah sesuatu yang banyak ditemui. Semua wilayah di Indonesia memiliki jenis-jenis makanan pedas. Tapi perlu diketahui, makanan pedas ternyata memiliki banyak khasiat.

Makanan pedas sejatinya berasal dari cabai karena adanya kapsiasin di dalamnya. Senyawa inilah yang berperan penting menghasilkan rasa pedas, sensasi terbakar, hingga memicu keluarnya keringat.

Nah, apa saja sih khasiat makanan pedas untuk kesehatan tubuh? Berikut penjelasannya, seperti dilaporkan laman Penn Medicine.

Baca juga: Catat, 9 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi ketika Perut Kosong 

1. Pereda nyeri

Rasa terbakar saat memakan cabai akan sama sensasinya jika hal tersebut diterapkan pada saraf-saraf yang sedang nyeri. Ketika kapsiasin digunakan sebagai lotion atau krim akan menyebabkan sedikit rasa panas, perih, dan gatal.

"Seiring waktu saraf yang nyeri akan memiliki kemampuan untuk memproses rasa sakit. Ini dapat membantu kondisi seperti arthritis dan cedera," kata Dokter Jeffrey Millstein dari Penn Internal Medicine Woodbury Height.

Tom yam asam pedas ala rumahan. (Foto: Instagram @idebekal/@fenny.hadinata.fh)

2. Sehatkan jantung

Rasa pedas yang berasal dari cabai merah terbukti membuat penggemarnya memiliki kadar lipoprotein densitas yang rendah atau disebut kolesterol jahat yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Baca juga: Bukan Bikin Kenyang, 10 Makanan Ini Justru Membuat Tambah Lapar 

3. Menjaga kesehatan usus

Saat kapsiasin masuk ke saluran pencernaan dan menempel di reseptor akan menciptakan bahan kimia anandamide yang terbukti mengurangi peradangan di usus.

4. Meningkatkan penurunan berat badan

Cabai memiliki senyawa kimia bernama kapsiasin yaitu komponen aktif yang berperan sebagai penghasil rasa pedas dan sensasi terbakar. Kapsiasin ini yang dapat membantu mengurangi kalori bahkan saat beristirahat, sehingga bisa meningkatkan penurunan berat badan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini