Cek Tekanan Darah Bisa di Rumah, Simak Caranya

Diana Rafikasari, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 481 2385757 cek-tekanan-darah-bisa-di-rumah-simak-caranya-vmSAd1uk8H.jpg Ilustrasi cek tekanan darah. (Foto: Rawpixel/Freepik)

RUTIN memeriksa tekanan darah adalah hal yang sangat baik. Namun terkadang beberapa orang jarang melakukannya karena malas pergi ke fasilitas layanan kesehatan. Tapi tenang saja, mengecek tekanan darah ternyata bisa dilakukan di rumah.

Menurut Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS), cek tekanan darah di rumah bisa memberikan refleksi yang lebih baik. Sebab, melakukan pemeriksaan di sejumlah tempat seperti klinik dapat membuat seseorang merasa cemas dan memengaruhi hasilnya.

Baca juga: Cara Tepat Memilih Tensimeter untuk Digunakan di Rumah 

Sebagaimana dilansir laman Express, Senin (29/3/2021), memeriksa tekanan darah di rumah juga memungkinkan memantau kondisi dengan lebih mudah dalam jangka panjang.

Ketika sudah memilih mengecek tekanan darah di rumah, ada sejumlah faktor yang harus diperhatikan. The British Heart Foundation merekomendasikan lima langkah berikut:

Alat pengukur tekanan darah atau tensimeter. (Foto: Prostooleh/Freepik)

1. Tanyakan kepada dokter

Jika dokter meminta mengukur tekanan darah di rumah untuk mendiagnosis hipertensi atau tekanan darah, mereka akan menyediakan monitor pengukur yang dapat Anda pinjam untuk jangka waktu tertentu.

Baca juga: Mencegah Hipertensi Sejak Muda, Apa yang Mesti Dilakukan? 

2. Pilih monitor dengan manset di lengan

Jika harus membeli monitor pengukur, pastikan pilih yang mengecek tekanan darah di lengan atas, bukan di pergelangan tangan atau jari.

3. Pastikan ukuran manset tepat untuk lengan

Pastikan ukuran manset tepat untuk lengan Anda. Ini harus melingkari lengan atas Anda dengan ruang yang cukup untuk menggeser dua ujung jari di bawahnya. Kebanyakan monitor tekanan darah di rumah dilengkapi dengan manset berukuran sedang.

Jika lengan atas Anda lebih besar atau lebih kecil dari rata-rata, maka perlu membeli manset dengan ukuran berbeda secara terpisah.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Kontrol Tekanan Darah Tanpa Obat-obatan 

Berdasarkan Blood Pressure Nutrition, Anda bisa mengetahui tekanan darah sistolik tanpa harus menggunakan monitor tekanan darah. Cara melakukan ini perlu mencari denyut radial di bawah ibu jari dan di atas pergelangan tangan.

Jika Anda dapat merasakan denyut nadi tanpa kesulitan, tekanan darah sistolik Anda setidaknya 80 mmHg. Secara umum, tekanan darah normal dianggap kurang dari 120/80.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini