Setelah dari Toilet Wajib Cuci Tangan, Ini 4 Alasannya

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 481 2385776 setelah-dari-toilet-wajib-cuci-tangan-ini-4-alasannya-dJBrLryxpa.jpg Ilustrasi cuci tangan. (Foto: Pvproductions/Freepik)

DI masa pandemi covid-19 rajin cuci tangan menjadi bagian dari protokol kesehatan secara ketat. Sebab dengan rutin mencuci tangan atau memakai hand sanitizer akan menghilangkan virus penyebab wabah penyakit.

Dengan membiasakan diri mencuci tangan juga dapat membersihkan kuman-kuman dari benda yang baru saja disentuh. Apalagi, mencuci tangan dengan sabun dan air menjadi sangat penting setelah menggunakan toilet.

Sebagaimana dipaparkan laman Times of India, Senin (29/3/2021), inilah alasan kenapa kamu harus rajin mencuci tangan setelah menggunakan toilet:

Baca juga: Tips Rajin Bersihkan Tangan Tanpa Membuat Kulitnya Kering 

Pandemi Covid-19 Belum Usai, Jangan Kendor untuk Rajin Mencuci Tangan

1. Kebiasaan yang dapat menimbulkan penyakit

Seperti diketahui bahwa toilet adalah tempat berkembang biaknya patogen. Lalu jika sedang menggunakan toilet umum, itu bisa menjadi lebih buruk, karena tidak tahu siapa yang menyentuh apa.

Saat kamu tidak mencuci tangan, kuman berpindah dari tangan ke apa pun yang telah disentuh. Ini mengundang patogen ke dalam sistem tubuh kamu. Dari infeksi usus ringan hingga virus corona jenis baru, kamu bisa tertular semuanya akibat tidak mencuci tangan.

Mencuci tangan sebelum makan saja tidak cukup. Sebab ketika meninggalkan toilet tanpa mencuci tangan dan menyentuh barang-barang, seperti ponsel atau botol air, kamu memindahkan kuman ke benda-benda itu. Setiap kali menyentuh benda-benda tersebut, kamu mengakses semua kuman lagi.

Baca juga: Deretan Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Rajin Cuci Tangan 

2. Dapat merusak kulit

Kulit merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat sensitif. Ketika menyentuh kulit dengan tangan yang penuh kuman, kamu berisiko mengalami masalah kulit. Kamu bisa menderita ruam kulit, jerawat, dan iritasi kulit.

3. Dapat membuat orang lain sakit

Kamu bisa menjadi pembawa patogen dan siapa pun yang bersentuhan dengan tangan kamu atau permukaan yang kamu sentuh juga bisa sakit. Maka itu, sekarang kita sangat membatasi bersalaman atau bersentuhan dengan orang lain.

Baca juga: Ini yang Terjadi pada Virus Covid-19, jika Masyarakat Sering Cuci Tangan 

4. Cara yang benar mencuci tangan sesuai arahan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) adalah:

- Cuci semua area tangan yang terbuka.

- Bilas tangan dengan air dan gunakan sabun untuk menghilangkan kuman.

- Gosok di belakang telapak tangan dan di sela-sela jari.

- Gosok juga bagian kuku.

- Kuman langsung menyebar di tangan yang basah, jadi tangan harus dikeringkan dengan benar setelah dicuci.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini