Cara Mudah Buat Pelembap untuk Cegah Iritasi Akibat Masker

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 05:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 481 2386129 cara-mudah-buat-pelembap-untuk-cegah-iritasi-akibat-masker-zV2zbxmP0O.jpg Ilustrasi pelembap. (Foto: Freepik)

IRITASI kulit bisa dialami siapa saja. Apalagi, beberapa waktu belakangan banyak laporan adanya iritasi kulit wajah akibat terlalu lama memakai masker. Ya, penggunaan masker memang menjadi salah satu protokol kesehatan mencegah penularan covid-19, selain rajin mencuci tangan dan menjaga jarak.

Munculnya iritasi kulit di bagian wajah karena terlalu lama tertutup masker. Meski demikian, masalah ini ternyata bisa dicegah dengan melakukan perawatan, khususnya di sekitar hidung dan mulut.

Baca juga: Terlalu Lama Pakai Masker Bikin Iritasi Kulit, Ini Cara Mengatasinya 

Tidak membutuhkan produk mahal, Anda bahkan bisa membuat sendiri pelembap untuk mencegah iritasi kulit wajah akibat terlalu lama memakai masker.

"Jika Anda mengalami kekeringan, iritasi, atau gatal yang berlebihan setelah menggunakan masker, Anda juga bisa membuat masker alami yang melembapkan. Anda hanya membutuhkan tiga bahan sederhana," ungkap pakar kesehatan Laura Chacon-Garbato dalam keterangan yang diterima MNC Portal beberapa waktu lalu.

Masker. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

- 2 sendok makan gel lidah buaya

- 1 sendok makan madu

- 3 sendok makan oatmeal

Baca juga: Cara Mencuci Masker Kain agar Bisa Dipakai Lagi, Dicoba Yuk 

Cara membuatnya:

1. Masak oatmeal dengan 2 sendok makan air selama 20 sampai 30 detik.

2. Keluarkan dari microwave dan tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya dan 1 sendok makan madu ke dalam oatmeal panas.

3. Biarkan oatmeal dingin lalu oleskan ke wajah, sebaiknya dengan facial brush. Biarkan selama 15 hingga 20 menit.

"Oatmeal dan madu dikenal dengan khasiatnya yang melembapkan, dan gel lidah buaya mengandung kondisioner yang dapat melembapkan kulit. Terakhir, cuci bersih wajah menggunakan air hangat dan pembersih bebas sulfat," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini