Harga Cabai Mahal, Makanan Pedas Ternyata Bisa Bikin Panjang Umur Loh

Siska Permata Sari, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 07:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 612 2385595 harga-cabai-mahal-makanan-pedas-ternyata-bisa-bikin-panjang-umur-loh-ZOekl6V7DM.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

HARGA cabai yang mahal, membuat banyak orang mengeluh, lantaran sulit mendapatkan cabai yang bagus. Memang, bagi masyarakat Indonesia cabai seperti bagian tidak terpisahkan dari makanan sehari-hari.

Tidak hanya akrab di lidah, tetapi juga menjadi favorit banyak orang Indonesia. Beberapa makanan khas Tanah Air pun banyak yang mempunyai cita rasa pedas. Mulai dari mie Aceh, rendang, ayam bakar Taliwang, telur berbumbu balado, hingga ayam rica-rica.

Terlepas dari menu makanannya, ternyata makanan-makanan pedas mempunyai dampak yang bagus untuk kesehatan. Apa saja? Simak daftarnya berikut ini seperti dirangkum dari Healthline.

Melawan sel kanker

Salah satu komponen aktif dalam cabai, yaitu Capsaicin telah terbukti memperlambat dan menghancurkan sel kanker. Berdasarkan sebuah studi UCLA, capsaicin terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker prostat pada tikus.

Cabai

Mempercepat metabolisme

Manfaat selanjutnya adalah makan makanan pedas dapat mempecepat metabolisme tubuh. Fakta ini telah ada dalam sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa rempah-rempah tertentu seperti jintan, kayu manis, kunyit, paprika, dan cabai dapat meningkatkan metabolisme dan memperlambat nafsu makan.

Bikin panjang umur

Manfaat pertama dari makanan-makanan pedas adalah membuat orang yang mengonsumsinya panjang umur. Hal itu dibuktikan dari studi besar tahun 2015 oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Harvard dan China. 

Berdasarkan studi itu ditemukan bahwa, makan makanan pedas sebanyak enam atau tujuh hari seminggu, atau bahkan hanya sekali sehari, dapat menurunkan angka kematian sebesar 14 persen.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini