6 Langkah Menguasai Wawancara Online, Berguna bagi Pencari Kerja

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 10:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 612 2385745 6-langkah-menguasai-wawancara-online-berguna-bagi-pencari-kerja-RXp3yLC4hV.jpg Ilustrasi wawancara online. (Foto: Burst/Unsplash)

SELAMA masa pandemi covid-19 dan work from home (WFH), wawancara online telah menjadi sangat efisien dan digunakan banyak orang. Teknologi serta aplikasi modern membuatnya sangat mudah dilakukan melalui panggilan audio dan video.

Setiap orang pun harus bisa menguasai wawancara online supaya mendapatkan pekerjaan impian. Lantas, bagaimana caranya? Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Times of India, Senin (29/3/2021).

Baca juga: Ini 5 Hal yang Harus Ditanyakan Pelamar saat Wawancara Kerja 

1. Pilih lokasi yang tepat

Manfaatkan sepenuhnya sudut rumah di mana matahari bersinar paling terang. Tempat yang terang membuat wajah terlihat jelas. Ini lokasi terbaik untuk melakukan wawancara online. Selanjutnya pilih ruang di mana tidak ada suara bising yang mungkin mengganggu selama wawancara. Anda harus terlihat di kamera hanya sampai pinggang.

Ilustrasi wawancara online. (Foto: Kaitlyn Baker/Unsplash)

2. Cek perlengkapan

Uji audio, mikrofon, kamera, dan yang terpenting koneksi internet. Gangguan sering terjadi tetapi jika Anda memastikan bahwa semuanya berfungsi dengan baik, maka seharusnya tidak ada masalah di kemudian hari.

Baca juga: Bom di Gereja Katedral Makassar High Explosive, Ini Cedera yang Bisa Ditimbulkan 

3. Berlatih wawancara

Anda harus percaya diri orang yang mewawancara takjub dengan kefasihan dan efisiensi ketika wawancara. Keterampilan juga bisa digambarkan dengan baik jika berlatih wawancara. Anda dapat menjawab sendiri beberapa pertanyaan dan mempersiapkan pendahuluan. Jadi, mintalah anggota keluarga atau teman untuk membantu mempraktikkan wawancara tiruan.

4. Bersiap untuk gangguan mendadak

Pertama-tama, jangan gugup jika terjadi kesalahan. Selalu siapkan rencana cadangan jika terjadi sesuatu. Anda selalu dapat beralih ke panggilan audio atau video telepon jika laptop berhenti bekerja secara tiba-tiba. Pertahankan koneksi internet lain di dekat Anda jika yang sekarang berhenti berfungsi.

Baca juga: Emosi Jangan Sampai Menyakiti Diri Sendiri, Ini Cara Mengatasinya 

5. Bahasa tubuh

Bersikaplah tegas dan tersenyumlah sesekali untuk menunjukkan kepercayaan diri serta ketegasan. Pastikan Anda berpakaian sesuai dan rapi meskipun wawancara dilakukan dalam kenyamanan rumah. Tatap langsung ke kamera atau lihat pewawancara tanpa menunjukkan tanda-tanda ragu-ragu atau gugup.

6. Bersabarlah

Terkadang koneksi internet dapat menyebabkan panggilan video terputus yang mengakibatkan Anda menjawab bahkan sebelum pewawancara mengakhiri pertanyaannya. Bukan hanya itu, tanda ketidaksabaran juga mencerminkan sikap tidak hormat. Jadi, mengangguklah setelah pertanyaan selesai dan luangkan waktu sejenak sebelum menjawab pertanyaan itu.

Sedikit tips, simpan beberapa catatan di layar. Ini adalah keuntungan yang hanya bisa didapatkan dalam wawancara online.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini