Tips Memilih Sandal Jepit Supaya Tidak Membahayakan Kesehatan

Antara, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 612 2385905 tips-memilih-sandal-jepit-supaya-tidak-membahayakan-kesehatan-4Wk0JMCSWm.jpg Ilustrasi sandal jepit. (Foto: Freestockcenter/Freepik)

SANDAL jepit adalah salah satu kebutuhan penting bagi setiap orang. Hampir semua orang selalu menggunakan sandal jepit ketika beraktivitas sehari-hari. Pasalnya, sandal jepit enteng dan nyaman dipakai.

Dengan bahan yang beragam, mulai karet, nilon, spons, hingga sintetis; sandal jepit hadir memenuhi kebutuhan masyarakat.

Meski demikian, ada tiga hal yang perlu diperhatikan supaya tidak salah memilih sandal jepit. Apa saja? Berikut penjelasannya, seperti dikutip dari Antara.

Baca juga: Nasihat Nabi Muhammad SAW Soal Surga dan Neraka, Lebih Dekat dari Tali Sandal 

1. Memiliki bantalan empuk

Dokter spesialis kesehatan kaki atau yang dikenal juga sebagai pediatri mengungkapkan salah satu gangguan kesehatan kaki diakibatkan tidak tepatnya pemilihan alas kaki.

Alas kaki dengan sol tipis dan keras berisiko menyebabkan stres pada urat dan nyeri di bagian tulang kering karena otot-otot di area betis memanjang serta dapat menyebabkan kaki mudah lelah dan cedera.

Oleh karena itu, pilihlah sandal yang memiliki bantal empuk serta nyaman untuk pemakaian sehari- hari sehingga terhindar dari cedera kaki.

Sandal jepit. (Foto: Kstudio/Freepik)

2. Berbahan antibakteri

Bakteri dan jamur rupanya dapat muncul dari pemilihan bahan sandal jepit yang tidak baik. Bakteri serta jamur yang ada di sandal dapat muncul jika lingkungan sekitar kotor, lembap, dan tidak terawat.

Untuk menghindari hal itu, pilihlah sandal jepit yang berbahan antibakteri dan mudah dicuci sehingga kaki bisa bebas dari penyakit kaki seperti jamuran hingga iritasi akibat bakteri.

Baca juga: Selain Ikan Cupang, Mahar Pernikahan Ini Bikin Geleng Kepala, Salah Satunya Sandal Jepit 

3. Tahan lama

Tidak hanya kantong plastik, sandal berbahan tertentu yang tidak mudah terurai rupanya berpotensi menyebabkan kerusakan lingkungan. Maka itu, pilihlah sandal jepit yang tahan lama sehingga selain memiliki kegunaan menjadi alas kaki yang nyaman juga memperkecil potensi menjadi limbah yang dapat merusak Bumi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini