Share

Waduh, AstraZeneca Punya Arti Senjata yang Mematikan?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 29 Maret 2021 17:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 612 2386044 waduh-astrazeneca-punya-arti-senjata-yang-mematikan-YdeCQCLQxP.jpg Ilustrasi Vaksin Covid-19. (Foto: Freepik)

COCOKLOGI memang kerap dilakukan banyak orang terhadap suatu hal. Memang, cocoklogi lebih pada hoax dan kerap dilakukan pada apa yang sedang menjadi perhatian.

Tidak heran, jika kemudian vaksin Covid-19 AstraZeneca juga mendapat banyak kabar miring, apalagi karena kontreversinya saat ini. Bahkan, baru-baru ini ada kabar beredar bahwa AstraZeneca adalah senjata untuk membunuh.

Sekadar informasi, AstraZeneca diambil dari gabungan perusahaan farmasi Swedia dan perusahaan Zeneca Group Palace yang berbasis di Inggris.

Dilansir dari Covid19.go.id, berikut adalah kabar salah mengenai AstraZeneca.

hoax

Beredar sebuah unggahan yang menyatakan bahwa nama AstraZeneca dalam vaksin Covid-19, berasal dari susunan bahasa yang memiliki arti senjata yang membunuh.

Namun setelah dilakukan penelusuran, klaim yang menyatakan bahwa nama AstraZeneca berarti senjata yang membunuh, adalah klaim yang tidak berdasar. Media Fulfact.org mengunggah artikel yang menjelaskan hal ini.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Dalam penjelasannya, diketahui bahwa nama AstraZeneca diambil dari gabungan perusahaan farmasi Swedia (Astra AB, diambil dari bahasa Yunani untuk ‘a star) dan perusahaan Zeneca Group Palace yang berbasis di Inggris.

Sejatinya penerjemahan berbagai bahasa ini dapat menghasilkan pengertian yang berbeda-beda. Setiap pengertian itu bisa saja menggunakan pendekatan yang cukup selektif dan menyesatkan untuk terjemahan dan etimologi.

Dalam unggahan juga disebutkan nama perusahaan riset pasar Ipsos MORI diterjemahkan menjadi ‘mereka mati’ dalam bahasa Latin. Hal ini juga tidak memiliki dasar apapun. Nama ‘Ipsos MORI’ sebenarnya berasal dari penggabungan dua perusahaan dan tidak berarti apa-apa.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa klaim yang menyatakan nama AstraZeneca memiliki arti ‘senjata yang mematikan’, adalah hoaks kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini