Tips Buat Sampo dan Kondisioner Alami, Mudah Lho

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 612 2386127 tips-buat-sampo-dan-kondisioner-alami-mudah-lho-FRkp5ZjQVm.jpg Ilustrasi sampo rambut. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

ANDA bisa lho membuat sampo dan kondisioner alami. Cukup menggunakan telur sebagai bahan dasarnya. Di dalam telur sendiri memang ada nutrisi yang baik untuk rambut sehingga bisa membuatnya lebih sehat, kuat, dan berkilau.

Berikut ini lima cara membuat sampo dan kondisioner alami berbahan telur yang bisa dipraktikan di rumah, sebagaimana dilaporkan laman Boldsky.

Baca juga: Wow, Sampo Bayi Ternyata Bisa untuk Obat Radang Mata hingga Pembersih 

1. Untuk melembutkan rambut

Anda bisa mencampurkan dua telur mentah dengan cuka dan air lalu oleskan ke rambut. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas sampai bersih.

Anda juga bisa mencampurkan kuning telur dengan yogurt atau pasta almond yang telah diberi air. Kombinasi ini sangat cocok untuk jenis rambut yang kasar.

Sampo. (Foto: Freepik)

2. Untuk memperkuat rambut

Anda bisa mencampurkan kuning telur dengan minyak zaitun, lalu oleska ke rambut secara rata. Diamkan sekira 10 menit, kemudian bilas sampai bersih.

3. Kondisioner alami

Guna membuat kondisioner alami, caranya terbilang mudah. Anda hanya perlu mengocok kuning telur sampai berbusa, lalu tambahkan satu sendok teh minyak kelapa. Setelah itu, oleskan cairan tersebut ke kulit kepala dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas.

Jika Anda tidak memiliki banyak waktu luang, bisa mencampurkan telur dengan sampo herbal. Lalu bilas rambut sampai bersih.

Baca juga: Beautypedia, Mengenal Berbagai Bahan Dalam Sampo 

4. Sampo telur

Cuka sari apel sangat bagus untuk kesehatan rambut. Apalagi bila dicampurkan dengan telur, gel lidah buaya, dan air mineral. Kombinasi bahan-bahan ini dapat menciptakan sampo alami yang dapat membuat rambut terlihat lebih sehat dan berkilau.

Satu-satunya kerugian menggunakan telur pada rambut adalah aromanya yang tidak sedap dan sifatnya lengket. Namun, hal ini bisa diakali dengan menambahkan beberapa tetes konsentrat lemon atau minyak esensial apa pun.

5. Untuk rambut berkilau

Cukup campurkan sebutir telur utuh dengan perasan jus lemon segar, lalu pijat kepala dengan cairan tersebut. Pastikan Anda memijat hingga mengenai rambut dan kulit kepala. Campuran ini diyakini ampuh membuat rambut jadi terlihat lebih berkilau. Tidak hanya itu, ekstrak lemon juga mencegah ketombe dan menyembuhkan kekeringan pada kulit kepala.

Alternatif lainnya, Anda bisa mencampurkan putih telur dengan air perasan mentimun dan minyak jojoba. Kombinasi ini juga berfungsi sebagai kondisioner rambut agar terlihat berkilau.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini