4 Makanan yang Percepat Kerontokan Rambut, Kurangi Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 29 Maret 2021 21:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 29 612 2386148 4-makanan-yang-percepat-kerontokan-rambut-kurangi-yuk-LV0uC2XOQL.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MASALAH rambut memang menjadi hal penting, apalagi untuk para perempuan. Mood mereka pun bisa rusak ketika mengalami bad hair day.

Tidak heran, mereka pun kerap menggunakan produk perawatan rambut yang mahal. Tapi, terkadang ada perbaikan dalam tubuh yang juga harus dibenahi, bukan cuma perawatan di area luar saja.

Sama seperti kulit, bukan hanya faktor genetika atau terpapar polusi, makanan tertentu berpengaruh terhadap masalah rambut rontok dan penipisan rambut. Pola makan yang buruk dapat memperburuk kondisi rambut juga, atau dapat mempercepat kerontokan rambut.

Rambut Rontok

Dilansir dari NDTV Food, berikut beberapa makanan yang harus Anda dihindari dan dikurangi untuk mencegah rambut rontok atau masalah kerusakan rambut lainnya.

Makanan indeks glikemik tinggi

Makanan indeks glikemik tinggi adalah makanan yang menyebabkan lonjakan insulin. Makanan ini seperti tepung olahan, roti, dan gula. Makanan ini dapat membuat ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan rambut rontok.

Putih telur mentah

Telur bagus untuk rambut tetapi tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah. Putih telur mentah dapat menyebabkan defisiensi biotin, vitamin yang membantu produksi keratin.

Gula

Penelitian telah menunjukkan, bahwa resistensi insulin yang menyebabkan diabetes dan obesitas, juga dapat membuat Anda kehilangan rambut atau bahkan menyebabkan kebotakan baik pada pria maupun wanita.

Makanan cepat saji

Junk food seringkali mengandung lemak jenuh dan tak jenuh tunggal yang tidak hanya membuat Anda menjadi gemuk dan menimbulkan penyakit kardiovaskular, tapi juga bisa membuat rambut Anda rontok.

Selain itu, makanan ini dapat membuat kulit kepala menjadi berminyak dan dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan miniaturisasi folikel rambut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini