Lumpia Basah Bandung, Jajanan Kaki Lima yang Bikin Ngiler!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 10:54 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 298 2386332 lumpia-basah-bandung-jajanan-kaki-lima-yang-bikin-ngiler-KQvjKbgxab.jpg Lumpia basah khas Bandung (Foto : Cookpad)

Lumpia merupakan salah satu makanan yang sangat mudah ditemui di Indonesia. Konon katanya, lumpia merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa. Lumpia terdiri dari lembaran tipis tepung gandum yang dijadikan sebagai pembungkus isian.

Karenanya, lumpia bisa diolah menjadi bahan makanan apapun. Di Indonesia, lumpia dikenal sebagai jajanan khas Semarang dengan tata cara pembuatan dan bahan-bahan yang telah disesuaikan dengan tradisi setempat.

Akan tetapi, banyak daerah lain yang juga memiliki makanan tradisional yang menggunakan lumpia sebagai bahan dasarnya. Seperti lumpia basah Bandung misalnya.

Lumpia Basah Bandung

Lumpia basah Bandung ini dapat Anda temui dengan mudah di Jawa Barat. Umumnya, penjual yang menjajakan makanan ini menggunakan gerobak atau kedai di pinggir jalan. Walaupun, tak menutup kemungkinan Anda juga bisa menemukan lumpia basah Bandung di daerah lain, terlebih Jakarta.

Adapun bahan utama yang digunakan untuk membuat lumpia basah Bandung ini adalah kulit lumpia, tepung sagu, dan satu liter air. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat makanan ini juga terbilang sederhana, yakni cukup garam, merica, dan penyedap rasa.

Baca Juga : Intip Penampilan Raisa Berbalut Gaun Belahan Tinggi saat Duet dengan 3 Diva

Baca Juga : Adu Gaya Amanda Manopo Vs Memes Prameswari, Siapa Lebih Memesona?

Meski menggunakan bumbu yang terbilang sederhana, lumpia basah Bandung memiliki citarasa yang lezat. Makanya, enggak heran jika penjaja makanan ini selalu ramai pengunjung.

Selain bahan utama tadi, ada juga bahan isian yang digunakan untuk membuat lumpia basah Bandung ini. Seperti bengkoang, tauge, dan telur. Sedangkan bumbu yang digunakan untuk membuat isian adalah bawang putih, cabai rawit, serta cabai merah.

Jika Anda memiliki rencana untuk berwisata ke Bandung, jangan lupa untuk mampir mencicipi makanan tradisional yang enak ini. Jika Anda ingin menyantapnya saat ini juga, tinggal buat saja sendiri di rumah. Mengingat bahan-bahan dan cara membuatnya pun terbilang mudah.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini