8 Makanan Penambah Energi, Salah Satunya Popcorn Lho

Antara, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 298 2386815 8-makanan-penambah-energi-salah-satunya-popcorn-lho-5gGqbwznb7.jpg Popcorn salah satu makanan penambah energi. (Foto: Topntp26/Freepik)

ENERGI sangat dibutuhkan setiap orang untuk bisa menjalankan aktivitas sehari-hari. Energi bisa didapat dari berbagai hal, misalnya jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi.

Meski semua makanan memberikan tenaga, ternyata ada beberapa yang membantu meningkatkan energi dan menjaga fokus sepanjang hari.

Apa saja makanan penambah energi itu? Berikut daftar lengkapnya, seperti dilansir laman Healthline.

Baca juga: Enggak Cuma Bikin Berkeringat, Makanan Pedas Juga Banyak Khasiatnya Lho 

1. Pisang

Pisang mungkin salah satu makanan terbaik untuk menambah energi. Pisang merupakan sumber karbohidrat kompleks, kalium, dan vitamin B6 yang sangat baik. Semua itu bisa membantu meningkatkan energi tubuh.

2. Ikan berlemak

Ikan berlemak seperti salmon dan tuna adalah sumber protein, asam lemak, dan vitamin B yang baik. Ini menjadikannya makanan yang bagus untuk disertakan dalam menu makanan.

Satu porsi salmon atau tuna memberi jumlah harian asam lemak omega-3 dan vitamin B12 yang direkomendasikan.

Asam lemak omega-3 telah terbukti mengurangi peradangan, yang merupakan penyebab umum kelelahan.

Beberapa penelitian menetapkan bahwa mengonsumsi suplemen omega-3 dapat mengurangi kelelahan, terutama pada pasien kanker dan mereka yang baru pulih dari kanker.

Selain itu, vitamin B12 bekerja dengan folat untuk menghasilkan sel darah merah dan membantu zat besi bekerja lebih baik di tubuh. Kadar sel darah merah dan zat besi yang optimal dapat mengurangi kelelahan dan meningkatkan energi.

Ikan salmon. (Foto: Topntp26/Freepik)

3. Ubi jalar

Selain enak, ubi jalar adalah sumber energi bergizi bagi mereka yang mencari dorongan ekstra. Satu porsi ubi jalar atau 100 gram dapat mengemas hingga 25 gram karbohidrat kompleks; 3,1 gram serat; 25 persen dari RDI untuk mangan; dan 56,4 persen dari RDI untuk vitamin.

Kandungan serat dan karbohidrat komplek membuat tubuh lebih lambat mencerna ubi jalar sehingga dapat memberi pasokan energi yang stabil.

Baca juga: Catat, 9 Makanan Ini Sebaiknya Tidak Dikonsumsi ketika Perut Kosong 

4. Telur

Telur bukan hanya makanan yang mengenyangkan, tetapi juga penuh energi yang dapat membantu menjalankan aktivitas. Telur dikemas dengan protein yang dapat memberi tubuh energi stabil dan berkelanjutan. Selain itu, leusin adalah asam amino paling melimpah dalam telur, dan diketahui dapat merangsang produksi energi dalam beberapa cara.

Leusin dapat membantu sel mengambil lebih banyak gula darah, merangsang produksi energi dalam sel, dan meningkatkan pemecahan lemak untuk menghasilkan energi. Apalagi telur kaya vitamin B. Vitamin ini membantu enzim menjalankan perannya dalam proses memecah makanan untuk energi.

5. Apel

Apel adalah salah satu buah paling populer di dunia, dan merupakan sumber karbohidrat dan serat yang baik. Apel berukuran sedang (100 gram) mengandung sekira 14 gram karbohidrat, 10 gram gula, dan hingga 2,1 gram serat.

Dikarenakan kaya akan gula dan serat alami, apel dapat memberikan pelepasan energi yang lambat dan berkelanjutan. Selain itu, apel memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

Penelitian telah menunjukkan bahwa antioksidan dapat memperlambat pencernaan karbohidrat, sehingga melepaskan energi dalam jangka waktu yang lebih lama. Disarankan makan apel utuh untuk mendapatkan manfaat serat dari kulitnya.

6. Popcorn

Popcorn bisa menjadi camilan rendah kalori dan berenergi yang sangat baik. Ini tinggi karbohidrat dan serat yang membuatnya sangat mengenyangkan dan pilihan yang baik untuk camilan penambah energi.

Satu porsi popcorn (8 gram) popcorn menyediakan serat dan karbohidrat, memberikan pelepasan energi yang stabil. Popcorn bisa menjadi makanan sehat jika dimasak dengan bahan-bahan yang sehat dengan menggunakan metode memasak air-pop.

Popcorn. (Foto: Anncapictures/Pixabay)

Baca juga: Bukan Bikin Kenyang, 10 Makanan Ini Justru Membuat Tambah Lapar 

7. Cokelat hitam

Cokelat hitam memiliki kandungan kakao yang lebih tinggi daripada cokelat biasa atau cokelat susu. Antioksidan dalam kakao telah terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh.

Efek ini membantu pengiriman oksigen ke otak dan otot yang meningkatkan fungsinya. Ini bisa sangat membantu selama olahraga. Selain itu, peningkatan aliran darah yang dihasilkan oleh antioksidan dalam kakao dapat membantu mengurangi kelelahan mental dan meningkatkan suasana hati.

Cokelat hitam juga mengandung senyawa perangsang, seperti teobromin dan kafein, yang telah terbukti meningkatkan energi mental dan suasana hati.

8. Edamame atau kedelai Jepang

Kacang edamame bisa menjadi camilan mengenyangkan. Ini relatif rendah kalori tetapi menawarkan banyak protein, karbohidrat, dan serat. Satu cangkir kacang edamame dapat mengemas hingga 27 gram protein, 21 gram karbohidrat, dan sekira 12 gram serat.

Selain itu, edamame memiliki vitamin dan mineral dalam jumlah tinggi, seperti asam folat dan mangan, yang dapat membantu meningkatkan energi dengan berbagai cara.

Asam folat bekerja dengan zat besi untuk meningkatkan energi dan melawan kelelahan dan anemia. Sementara mangan membantu menghasilkan energi dari pemecahan karbohidrat dan protein.

Kacang edamame juga mengandung molibdenum dalam jumlah tinggi, mineral yang bertindak sebagai stimulus untuk enzim dan membantu pemecahan nutrisi untuk energi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini