Fakta-Fakta Diet Rendah Karbohidrat, Kunci Penurunan Berat Badan?

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 12:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 481 2386396 fakta-fakta-diet-rendah-karbohidrat-kunci-penurunan-berat-badan-NEK2gjZGsj.jpg Ilustrasi diet rendah karbohidrat. (Foto: Senivpetro/Freepik)

DALAM program menurunkan berat badan, diet rendah karbohidrat adalah pilihan banyak orang. Pasalnya, karbohidrat berpotensi meningkatkan kadar gula darah dan menyebabkan penambahan berat badan.

Tapi yang perlu diingat adalah tidak semua karbohidrat itu buruk. Lalu apakah dengan memilih diet rendah karbohidrat akan menjadi kunci menurunkan berat badan? Atau, justru cara yang salah dalam menurunkan berat badan?

Seperti dilansir laman Times of India, Selasa (30/3/2021), inilah fakta-dakta dan jawaban dari pertanyaan mengenai diet rendah karbohidrat itu.

Baca juga: Diet Rendah Karbohidrat, Konsumsi 6 Jenis Sayuran Ini Saja 

1. Apa itu diet rendah karbohidrat?

Diet rendah karbohidrat adalah membatasi asupan karbohidrat seminimal mungkin. Makanan kaya karbohidrat sangat dibatasi dan diganti dengan makanan tinggi lemak serta tinggi protein.

Jenis diet ini terbukti efektif untuk menurunkan berat badan. Di samping itu juga dikenal dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

Meski demikian, diet rendah karbohidrat mencakup beberapa bentuk karbohidrat, tetapi tidak termasuk karbohidrat yang penting dan diperlukan bagi tubuh.

Makanan sumber karbohidrat. (Foto: Shutterstock)

2. Apakah diet karbohidrat dapat menurunkan berat badan?

Seperti diketahui, diet rendah karbohidrat dimulai dengan fase induksi yang memotong semua kemungkinan sumber karbohidrat. Ini biasanya memicu tubuh untuk membakar glikogen di jaringan otot.

Begitu kekurangan glikogen, maka akhirnya tubuh akan membakar lemak. Lemak ini ketika diubah menjadi gula darah dapat menghasilkan bahan kimia yang disebut keton, tapi ini dapat memiliki efek samping berbahaya bagi kesehatan.

Baca juga: Kenali Makanan Sumber Karbohidrat yang Cocok untuk Diet 

3. Diet rendah karbohidrat bisa memengaruhi kesehatan

Tidak memiliki karbohidrat dalam makanan bisa menimbulkan banyak efek samping yang memengaruhi kesehatan. Dengan tidak adanya pembakaran karbohidrat untuk energi, tubuh mulai memproduksi energi dari lemak dan otot tubuh yang mengakibatkan penurunan metabolisme.

Penurunan karbohidrat yang tiba-tiba dan drastis dapat menyebabkan banyak nutrisi penting dalam tubuh. Karbohidrat tertentu baik dan diperlukan untuk tubuh seperti biji-bijian, makanan kaya serat, dan buah-buahan.

Oleh karena itu, pembatasan karbohidrat yang parah dapat menyebabkan kekurangan nutrisi dan dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan mual. Orang mungkin sering mengalami sakit kepala jika mereka memilih untuk menjauh dari karbohidrat untuk waktu yang lama.

4. Beralih menjadi "diet karbohidrat kompleks"

Melakukan diet rendah karbohidrat dapat membantu menurunkan berat badan, tetapi dapat menghilangkan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk melakukan aktivitas lain. Maka itu, daripada menghentikan asupan karbohidrat, gunakan karbohidrat kompleks yang kaya serat dan membantu meningkatkan metabolisme.

Baca juga: 6 Sayuran Rendah Karbohidrat, Cocok Buat yang Sedang Diet 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini