7 Cara Jitu Mengatasi Beruntusan di Wajah

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 15:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 611 2386530 7-cara-jitu-mengatasi-beruntusan-di-wajah-liBjtMaP3C.jpg Ilustrasi beruntusan di wajah. (Foto: Shutterstock)

BERUNTUSAN di wajah sangat mengganggu bagi sejumlah orang. Sebab, tampak permukaan kulit wajah menjadi tidak rata akibat beruntusan.

Beruntusan di wajah merupakan sejenis whitehead atau komedo tertutup. Faktor yang menyebabkan timbulnya beruntusan ini juga beragam.

Sebagaimana dikutip dari unggahan akun Instagram @kinans.review, Selasa (30/2/2021), berikut ini tuju cara jitu mengatasi beruntusan di wajah. Yuk praktikkan.

Baca juga: Beautypedia, Tips Membersihkan Wajah Usai Jadi Pengantin Seharian 

1. Jangan lewatkan basic skincare

Basic skincare yang dimaksud seperti menggunakan sunscreen setiap hari, membersihkan wajah dengan cara double cleansing, menggunakan toner yang berfungsi sebagai pengendali pH kulit, dan menggunakan moisturizer agar kulit tetap terhidrasi.

Kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Hidrasi kulit

Kulit yang tidak terhidrasi dengan baik juga dapat membuat munculnya beruntusan. Gunakan hydrating toner dengan teknik maskeran atau gunakan lotion ke permukaan wajah dengan menggunakan kapas atau face lotion sheet.

Baca juga: 5 Cara Simpel Ini Mampu Jaga Kebersihan dan Kesehatan Kulit Wajah 

3. Jangan lupakan eksfoliasi

Eksfoliasi dapat membersihkan kulit wajah dan mengangkat sel-sel kulit mati. Jika melupakan eksfoliasi, kulit akan menumpuk kotoran dan dapat menyebabkan beruntusan.

4. Jangan suka pegang wajah

Nah, ini yang sering dilakukan banyak orang. Memegang wajah dengan tangan yang tidak bersih dapat memindahkan kotoran dari tangan ke wajah. Jangan juga suka memencet jerawat dengan tangan.

5. Hindari pakai obat totol jerawat satu muka penuh

Menggunakan obat totol jerawat memang boleh dilakukan untuk treatment pada jerawatmu, tetapi jangan digunakan penuh di muka. Beruntusan belum tentu dapat hilang jika diaplikasikan dengan obat totol jerawat. Kondisi kulit yang akan menjadi kering justru akan memperparah kondisi kulit wajah.

Baca juga: Cuci Muka Enggak Boleh Asal-asalan, Hindari Kesalahan Umum Ini 

6. Konsultasikan ke dokter

Jika beruntusan yang dialami tidak kunjung sembuh, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter kulit supaya mengetahui penyebabnya dan cara menanganinya dengan benar.

7. Bedakan beruntusan dengan anatomi kulit

Pada dasarnya kulit memang memiliki tekstur. Hal ini sangat normal terjadi pada kulit wajah. Kenali dulu wajah sebelum menyebut tekstur pada kulit itu sebagai beruntusan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini