6 Cara Mendapatkan Kulit Lembap Tanpa Make-Up

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 16:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 611 2386601 6-cara-mendapatkan-kulit-lembap-tanpa-make-up-D8m7vkjh9I.jpg Ilustrasi kulit lembap. (Foto: Pressfoto/Freepik)

MEMILIKI kulit lembap diidamkan banyak orang. Sebab dengan kulit lembap akan memberikan kondisi kesehatan yang lebih baik.

Kulit lembap dan bersih bisa didapatkan dengan melakukan beberapa perubahan pola hidup. Dengan itu akan diraih kulit cerah dan lembap alami seperti yang diinginkan.

Selain itu, kulit lembap ternyata bisa juga didapat tanpa menggunakan make-up. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya, seperti dilansir laman Healthline, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: 6 Manfaat Madu untuk Kulit, Hilangkan Komedo hingga Obati Eksim 

1. Tetap terhidrasi

Tetap terhidrasi adalah aspek penting dari kesehatan secara keseluruhan. Tetapi ini juga merupakan bagian penting dari kesehatan kulit. Faktanya ketika tubuh terhidrasi dengan baik, kulit akan tampak tidak terlalu kering dan kasar.

Sebuah studi pada 2007 bahkan menemukan bahwa minum 9,5 cangkir (atau 2,25 liter) air per hari selama sebulan mengubah kepadatan dan ketebalan kulit, membantu kulit tampak lebih sehat.

Lalu dengan minum sedikitnya 2 cangkir air meningkatkan aliran darah ke kulit, membantu tampilan yang lebih kenyal.

Berapa banyak air yang dibutuhkan berbeda-beda untuk setiap orang. Tapi secara umum, urine yang bening dan pucat adalah pertanda baik bahwa terhidrasi.

Kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Cobalah lemak baik

Sebuah studi pada 2014 menemukan bahwa apa yang dimakan dapat memengaruhi kulit. Lalu untuk mendapat kulit yang lembap, lemak baik adalah makanan yang cocok dikonsumsi. Faktanya, asam lemak omega-3 berperan dalam menjaga kulit agar tetap tebal dan lembap. Ketika kekurangan omega-3 maka akan terlihat menjadi kulit kering.

Baca juga: 8 Buah yang Dapat Menjaga Kesehatan Kulit, Apa Saja? 

3. Antioksidan

Penelitian Trusted Source menemukan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam kadar setinggi langit dalam makanan tertentu, seperti buah beri, juga berperan dalam kesehatan kulit. Buah beri kaya vitamin C yang membantu produksi kolagen. Ini berfungsi untuk menjaga kulit tetap kencang dan sehat dari waktu ke waktu.

Tentu saja apa yang diminum juga penting. Di atas pentingnya hidrasi, katekin (antioksidan) dalam teh hijau ditemukan untuk meningkatkan kelembapan, elastisitas, dan ketebalan kulit.

4. Kurangi gula

Gula memiliki implikasi negatif pada kulit. Makanan dengan indeks glikemik tinggi diserap dengan cepat oleh tubuh yang dapat berkontribusi pada kadar gula darah dan insulin yang tinggi. Beberapa makanan dengan indeks glikemik tinggi meliputi roti putih, nasi, soda, kentang goreng.

Insulin dan IGF-1 telah terbukti meningkatkan jumlah sebum, zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar, dan diproduksi oleh tubuh. Ini juga terbukti merangsang sintesis hormon yang disebut androgen dalam tubuh. Keduanya berperan dalam pembentukan jerawat.

Baca juga: Simak, 5 Bahan Alami Ini Ternyata Ampuh Obati Sakit Eksim 

5. Batasi merokok

Sebagaimana pola hidup sehat berperan dalam membuat kulit tampak sehat, kebiasaan tertentu memiliki konsekuensi. Secara khusus, merokok berdampak negatif pada kesehatan kulit, karena nikotin dapat menyebabkan pembuluh darah menyempit, sehingga mengurangi aliran oksigen dan nutrisi ke sel-sel kulit.

6. Prioritaskan tidur

Istirahat benar-benar penting. Ini akan terlihat lebih jelas pada kulit. Ketika orang kurang tidur hanya dalam dua hari, mereka dipandang kurang menarik, kurang sehat, dan lebih mengantuk dibandingkan orang yang tidur nyenyak. Seiring waktu, hal ini dapat memengaruhi penampilan dan kesehatan kulit.

ResearchTrusted Source telah mengaitkan kurang tidur kronis dengan lebih banyak tanda penuaan, penghalang kulit yang berkurang, serta kepuasan yang lebih rendah terhadap penampilan kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini