4 Mainan Terbaik untuk Anak, Membuat Senang-Senang Sambil Belajar

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 12:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 612 2386431 4-mainan-terbaik-untuk-anak-membuat-senang-senang-sambil-belajar-FyWdzVGhUs.jpg Ilustrasi anak-anak. (Foto: Jcomp/Freepik)

BERMAIN bukan hanya untuk kesenangan dan rekreasi, ini merupakan aktivitas mendasar di mana anak-anak belajar. Maka itu, penting bagi orangtua untuk memastikan bahwa saat anak bermain tidak hanya melalui waktu dengan sia-sia.

Lalu mainan apa yang harus orangtua berikan sehingga dapat membantu anak belajar dan bersenang-senang di saat yang bersamaan?

Seperti dilansir laman Times of India, Selasa (30/3/2021), berikut lima mainan terbaik untuk anak menurut dokter anak asal India Pallavi Rao Chaturvedi.

Baca juga: Fidget Spinner, Mainan Sederhana yang Bisa Hilangkan Stres 

1. Balok

Anda pasti akan terkejut mengetahui bahwa hanya 20 menit permainan tanpa bantuan dengan balok membantu keterampilan matematika serta pemikiran logis anak-anak. Orangtua dapat memilih dari berbagai macam balok termasuk yang lunak, kayu, lego, dan ubin magnet yang tersedia di pasaran. Balok adalah mainan terbaik untuk meningkatkan kesadaran, keterampilan matematika, dan penalaran logis.

Anak-anak. (Foto: Freepik)

2. Teka-teki puzzle

Pasar dipenuhi dengan teka-teki puzzle jigsaw, teka-teki kata, teka-teki gambar, dan teka-teki empat bagian yang lebih besar untuk anak-anak. Teka-teki sangat bagus untuk perkembangan kognitif. Mainan ini membantu otak tetap berenergi dan berolahraga.

3. Permainan sensorik

Permainan sensorik merupakan salah satu tempat anak bermain-main dengan pasir kinetik, lendir, atau bermain adonan. Ini membantu perkembangan sensorik anak. Mainan ini menyenangkan karena membantu keterampilan motorik halus dan kekuatan otot jari, kemudian berkontribusi pada keterampilan menulis anak-anak.

Baca juga: Keuntungan Ajak Anak Main ke Playground Nih Bund 

4. Mainan profesi

Permainan peran dan permainan dramatis dengan perangkat dokter, perangkat dapur, atribut polisi, paduan suara, guru-guru membantu perkembangan emosional dan pembentukan EQ anak-anak.

Cari cara menggunakan mainan untuk mencapai berbagai tujuan. Misalnya, satu set balok juga dapat digunakan untuk menghitung, membuat pola, dan urutan. Ini menghilangkan rasa lelah memainkan satu jenis permainan dengan satu mainan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini