4 Cara Cermat Mengatur Keuangan Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 14:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 612 2386499 4-cara-cermat-mengatur-keuangan-keluarga-di-masa-pandemi-covid-19-AUyGVAePO9.jpg Ilustrasi mengatur keuangan keluarga di masa pandemi covid-19. (Foto: Shutterstock)

PANDEMI covid-19 menimbulkan dampak ke berbagai hal, salah satunya masalah dalam mengatur keuangan. Adanya pemutusan hubungan kerja dan gaji yang diturunkan mengakibatkan sulitnya mengatur keuangan antara pemasukan dengan pengeluaran.

Lalu bagaimana cara terbaik mengatur keuangan keluarga di masa pandemi covid-19? Berikut tipsnya, sebagaimana dilansir laman Military, Selasa (30/3/2021).

Baca juga: Baru Menikah, Begini Cara Diskusi Masalah Keuangan dengan Pasangan 

1. Cermat gunakan pemasukan yang ada

Cermat menggunakan pemasukan yang ada, dan manfaatkanlah dengan kondisi saat ini. Sisihkan sejumlah uang untuk ditabung. Ini dapat digunakan untuk keadaan darurat.

Ilustrasi keuangan keluarga. (Foto: Okezone)

2. Buat pengeluaran prioritas

Buatlah daftar pengeluaran pasti yang realistis dengan keadaan pandemi. Hal ini berkaitan dengan pengeluaran sewaan, makanan, obat-obatan, transportasi. Jika pengeluaran tidak seimbang dengan pemasukan, pilahlah pengeluaran yang menjadi prioritas utama selama sebulan.

3. Minta keringanan kredit

Jika tidak bisa memenuhi pembayaran kredit, segeralah hubungi pihak kredit untuk meminta keringanan. Lalu pastikan membayarnya di kemudian hari.

Baca juga: Merasa Stres, Hirup 8 Aroma Alami Ini untuk Tenangkan Pikiran dan Tubuh 

4. Pemulihan keuangan

Walau berada di masa pandemi seperti saat ini, semua orang harus tetap berpikir jernih dan tidak boleh gegabah dalam melakukan sesuatu. Tinjaulah keuangan dan berkomitmeah untuk menabung atau membuat dana darurat. Mulailah secara bertahap selagi bisa mengatur keuangan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini