Simak, Ini Waktu Terbaik Cheating Day saat Program Diet

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 612 2386588 simak-ini-waktu-terbaik-cheating-day-saat-program-diet-rlDVzJNzCK.jpg Ilustrasi cheating day. (Foto: Schantalao/Freepik)

ISTILAH cheating day biasa digunakan untuk orang-orang yang sedang menjalankan program diet. Cheating day atau cheat meal adalah ketika seseorang sedang diet tapi bisa makan apa saja.

Mengidam atau menginginkan makanan tertentu merupakan hal yang sering dialami dan sangat susah dijalani ketika sedang menghindari makanan yang digoreng dan bergula.

Baca juga: Fakta-Fakta Diet Rendah Karbohidrat, Kunci Penurunan Berat Badan? 

Cheat meal bisa seminggu sekali atau dua minggu sekali, tergantung berapa banyak berat badan yang ingin diturunkan dalam rentang waktu tertentu.

Jika ingin cepat menurunkan berat badan dalam waktu yang lebih singkat, lebih baik tetap melakukan cheat meal setiap dua minggu sekali.

Seperti dilansir laman Times of India, Selasa (30/3/2021), inilah waktu yang tepat untuk cheating day.

Ilustrasi cheating day. (Foto: Senivpetro/Freepik)

1. Waktu yang tepat untuk cheating day

Kapan waktu terbaik untuk cheating day, pagi atau sore hari? Meskipun bisa mendapatkannya kapan saja sepanjang hari, cheat meal di pagi hari akan jauh lebih baik daripada mengonsumsinya pada waktu lain.

Ini karena tubuh mampu membakar kalori dua kali lebih banyak di pagi hari dibandingkan di malam hari. Ini dikenal sebagai kekuatan kronobiologi. Itulah sebabnya mengapa selalu disarankan untuk sarapan yang layak dan jangan pernah melewatkannya demi menjadi lebih sehat.

Dianjurkan juga berolahraga pada pagi hari dibanding di malam hari karena tubuh akan membakar lebih banyak kalori pada jam-jam awal.

Kadar glukosa bakal meningkat dua kali lipat jika makan makanan yang mengandung kalori di malam hari dibandingkan pagi hari. Ini tidak hanya akan mengganggu tidur, tetapi juga akan menambah berat badan.

Baca juga: 4 Makanan yang Bisa Kurangi Nafsu Makan, Cocok untuk Program Diet 

2. Mengontrol porsinya

Kunci untuk menikmati cheat meal sekaligus menjaga berat badan di saat bersamaan adalah mengontrol porsinya. Kapan pun memilih makanan, lebih baik menentukan ukurannya untuk diri sendiri. Selalu makan dalam porsi kecil, cukup untuk memuaskan keinginan. Dengan cara ini seseorang akan bisa menikmati makanan favorit tanpa merasa bersalah.

3. Membakar kalori

Cara terbaik menghindari timbunan lemak di tubuh karena cheat meal adalah dengan membakar kalori ekstra. Jika memang sudah mengikuti diet dan sesekali melakukan cheat meal, disarankan menjaga rutinitas olahraga secara teratur.

Baca juga: 7 Makanan yang Boleh Dikonsumsi Pelaku Diet Keto 

Berkeringat di gym, lakukan senam di rumah, joging di sekitar lingkungan, atau mainkan olahraga favorit untuk membuat tubuh bergerak. Rata-rata 30 hingga 40 menit olahraga sudah cukup untuk awalan.

Anda dapat memperpanjangnya menjadi 40 sampai 50 menit, tergantung kapasitas tubuh. Dengan cara ini dapat menikmati makanan favorit tanpa merasa bersalah dan menjaga berat badan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini