Anak Muda Mau Rintis Usaha? Awas Terjebak dengan 4 Hal Ini

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Selasa 30 Maret 2021 19:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 30 612 2386697 anak-mau-mau-rintis-usaha-awas-terjebak-dengan-4-hal-ini-y7N2MU5Df2.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEBAGIAN anak muda menekuni bakatnya menjadi wirausaha. Apalagi di masa pandemi ini, banyak bidang usaha yang bisa berkembang pesat.

Anak muda bisa menekuni wirausaha sosial. Seperti bidang pertanian, makanan dan minuman, lingkungan, pendidikan dan pelatihan, teknologi perawatan kesehatan, hingga air dan sanitasi.

Perwakilan Singapore International Foundation Lian Wee Cheow dalam acara Young Social Entrepreneurs Pitching for Change mencatat,  krisis Covid-19 telah meningkatkan kebutuhan wirausaha sosial untuk menangani masalah sosial. Dibutuhkan anak muda yang bisa kreatif dan menciptakan perubahan sosial.

Baca Juga: 6 Langkah Menguasai Wawancara Online, Berguna bagi Pencari Kerja

"Anak muda ini bisa menciptakan perubahan sosial yang positif," katanya lewat keterangan pers 

 usaha

Pelaku Usaha Neurafarm Febi Ifdillah mengatakan, ada untungnya menjadi wirausaha muda. Selain memperoleh keterampilan dan wawasan, ia mendapat teman banyak dari berbagai negara.

"Ini pengalaman tak ternilai dan setiap langkah kami selalu didukung banyak pihak," tutupnya.

Namun ketika menjadi wirausaha muda bisa jadi sering melakukan kesalahan fatal. Dilansir Entrepreuner, berikut ulasannya.

Mudah tergoda

Dibutakan oleh pesaing dan pengeluaran yang boros sering kali terjadi. Berlomba menjadi “nomor satu” jadi permainan dalam dunia bisnis.

Tidak perlu jadi nomor satu, jika pendapatan Anda pada posisi sebelumnya sudah jauh lebih baik.

Belanja tanpa berpikir di fase awal

Saat baru memulai bisnis, sangat mudah untuk tersingkir jika terlalu banyak membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Perbaiki dengan meneliti setiap keuntungan; setiap uang yang masuk dan keluar harus dihitung. Agar bisnis Anda meningkat dengan jalan yang lebih teratur.

Merasa bisnis sudah sukses, biasanya jadi merasa lebih yakin. Sehingga membuat Anda bertindak tanpa berpikir untuk jangka waktu yang panjang.

Sebaiknya sebelum memulai, tanyakan pada diri Anda mengapa melakukannya dan apakah itu ide yang bagus.

Terlalu sibuk

Merasa bisnis sudah sukses, biasanya jadi merasa lebih yakin. Sehingga membuat Anda bertindak tanpa berpikir untuk jangka waktu yang panjang.

Sebaiknya sebelum memulai, tanyakan pada diri Anda mengapa melakukannya dan apakah itu ide yang bagus.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini