5 Alasan Mengapa Makanan Manis Dianjurkan saat Berbuka Puasa

Karina Asta Widara , Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 09:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 12 2386933 5-alasan-mengapa-makanan-manis-dianjurkan-saat-berbuka-puasa-fBxt55ND2b.jpg Foto : Ilustrasi Shutterstock

Tidak terasa bulan suci Ramadan tinggal menghitung hari. Meskipun masih dalam keadaan masa pandemi Covid-19, namun semangat dalam menyambut bulan suci Ramadan bagi umat muslim ini kian terasa.

Moment yang paling ditunggu saat Ramadan tentu saja berbuka puasa bersama keluarga tercinta. Nah, saat berpuasa, salah satu hal yang paling sering kita dengar adalah berbukalah dengan makanan yang manis.

Alasannya selain dalam Islam sendiri hukumnya adalah sunah, ternyata konsumsi makanan manis juga dibenarkan oleh banyak ahli kesehatan yang memang menganjurkan berbuka puasa dengan makanan manis karena dapat memberikan energi yang maksimal setelah seharian menahan haus dan lapar. lantas, apa sebanarnya alasan lainnya tentang anjuran makanan manis saat bebuka puasa?

• Meningkatkan Gula Darah Dalam Tubuh

Gula darah merupakan sumber energi di dalam tubuh manusia. Namun ketika Anda berpuasa, gula di dalam tubuh secara tidak langsung akan menurun dikarenakan hampir 12 jam lebih tubuh tidak menerima asupan apapun. Nah, maka dari itu alasan mengapa mengkonsumsi makanan manis sangat dianjurkan karena gula dalam makanan atau minuman bisa dengan cepat meningkatkan kadar gula darah yang turun selah berpuasa. Tapi perlu diingat ya, mengkonsumsi makanan manis pun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.

• Dapat Mengembalikan Nutrisi Tubuh

Ada sebagian orang yang mengalami dehidrasi dan tubuh yang lemas saat berpuasa. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi makanan manis mampu membantu mengembalikan nutrisi dalam tubuh, sehingga tubuh yang lemas dan mengalami dehidrasi akan kembali fit setelah mengonsumsi makanan atau minuman manis. Tak hanya itu saja, makanan dan minuman manis menjadi sumber kalori yang cepat diproses tubuh.

• Salah Satu Anjuran Rosul

Selain dilihat dari sisi medis yang membenarkan konsumsi makanan manis saat berbuka. Semua umat muslim tentu sudah mengetahui jika anjuran mengkonsumsi makanan manis memang datang dari Rosulullah SAW sendiri yang menganjurkan umatnya untuk mengkonsumsi makanan manis seperti kurma setelah seharian berpuasa.

• Mengatasi Masalah Pencernaan

Saat berbuka puasa seringkali terbesit keinginan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan favorit kamu. Nah, kamu perlu hati-hati karena bisa menjadi salah satu penyebab pencernaan jadi kurang lancar. Maka dari itu, penting untuk mengkonsumsi makanan manis yang tinggi akan serat seperti kurma misalnya yang dapat membantu mencegah masalah pencernaan dalam tubuh.

• Bisa Dapat Hadiah Besar


Foto : Dok AICE

Selain kurma atau teh hangat manis, makanan manis lainnya adalah es krim. Ya, salah satu cemilan favorit semua kalangan mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Buat kamu yang suka makan Es krim dan mau dapat hadiah besar, bisa cobain AICE Mochi Es Krim, Aice Sweet Corn dan Aice Double Chocolate Crispy.

Selain rasa Aice Mochi yang beragam, ada Aice Mochi Vanilla, Chocolate, Strawberry, Durian dan Red Bean, yang tidak perlu diragukan lagi adalah kulit mochinya, karena hanya Aice Mochi yang adonan tepung ketannya diproses melalui pukulan yang mencapai puluh ribu kali, sehingga menghasilkan kulit mochi dengan tingkat kekenyalan yang sempurna dibanding yang lain. Aice juga pelopor es krim Mochi di Indonesia, sekarang setiap pembelian Aice Mochi Assorted isi 10 pcs bisa mendapatkan 1 pcs Masker Jagoan Sehat Aice Limited Edition dan kupon dengan ribuan hadiah seperti Smart TV, Smartphone dan Hoodie keren.

 

Dok. AICE

Begitu juga di Aice Chocolate Crispy. Pelopor double cokelat crispy di Indonesia ini selain enak, di stiknya ada hadiahnya juga, double keuntungannya. Program ini dirancang khusus untuk menyambut bulan suci Ramadan 2021, “Jagoan Sehat Bawa Kejutan Hadiah Besar”, yang dimulai dari 15 Maret – 31 Juli 2021. Caranya gampang, setiap pembelian 1 pcs Chocolate Crispy atau Sweet Corn, di stiknya akan ada informasi hadiah atau tips protokol kesehatan. Kapanlagi bisa makan es krim yang lezat sekaligus dapetin hadiah smart TV, smartphone dan Hoodie keren.

Yuk, follow IG @AiceIndonesia untuk informasi lebih lanjut.

 CM

(yao)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini