Bisa Jadi Pengganti Santan, Krimer Kental Manis Lebih Tahan Lama

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 17:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 298 2387151 bisa-jadi-pengganti-santan-krimer-kental-manis-lebih-tahan-lama-P2MlkLwh9m.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

KRIMER kental manis lebih dikenal sebagai bahan campuran untuk membuat kue atau minuman manis. Siapa sangka, kalau kental manis ini bisa ditambahkan sebagai penyedap masakan loh.

Chef sekaligus Konsultan Kuliner Nanda Hamdalah, kerap bereksperimen menggunakan krimer kental manis sebagai bahan masakan. Menurutnya, ada banyak keunikan dari kental manis dalam meracik masakan.

rendang

Nanda mengatakan bahwa krimer kental manis ini bisa dipakai untuk membuat aneka kue, martabak, pisang dan roti bakar, hingga masakan seperti tempe bacem, opor ayam, sayur lodeh, rendang, rawon loh!

"Kental manis bisa memberikan rasa manis juga gurih sekaligus, sehingga memperkaya rasa pada masakan," katanya lewat keterangan Omela.

Selain itu, kental manis juga diakui Nanda bisa menggantikan santan. Bahkan proses memasak akan lebih mudah, dengan rasa yang semakin sedap.

Nanda menambahkan, kental manis juga tahan di suhu tinggi. Sehingga masakan tidak perlu sering diaduk, untuk mencegah kuah, kaldu, larutan pecah saat dimasak, seperti yang kerap ditemui saat memasak menggunakan santan.

"Selain itu, masa kedaluwarsanya yang panjang sampai dengan 12 bulan (selama disimpan menurut anjuran)," pungkasya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini