Makan Almond Lebih Baik Dikupas atau Tidak?

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 298 2387285 makan-almond-lebih-baik-dikupas-atau-tidak-xPs2AiIGte.jpg Kacang almond. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

SEGENGGAM kacang almond bisa meningkatkan daya ingat. Selain itu, almond bisa menurunkan kadar kolesterol hingga memberikan lemak sehat dan menjaga kadar gula darah.

Dalam hal mengonsumsi kacang almond, memakannya dengan cara yang benar adalah langkah paling penting. Ini untuk mendapatkan manfaat maksimal dari asupan bernutrisi tersebut.

Nah, manakah yang lebih baik dalam makan almond, dikupas atau dengan biarkan saja dengan kulitnya? Berikut jawabannya, seperti dilansir laman Times of India, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Pagi-Pagi Minum Susu Almond Yuk, Simak Manfaatnya untuk Tubuh 

1. Manfaat almond yang direndam

Meskipun almond mentah sulit dikunyah, perendaman membuatnya lebih lembut dan lebih berair. Merendamnya semalaman dengan air hangat menurunkan kandungan asam fitat almond. Konsentrasi asam fitat yang tinggi dapat menurunkan penyerapan kalsium, seng, dan mangan. Semua alasan ini cukup baik untuk membuktikan bahwa merendam almond adalah cara terbaik.

Kacang almond yang direndam juga penuh magnesium yang bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2. Dosis magnesium yang tepat pun mengurangi kolesterol tinggi yang selanjutnya mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.

Kacang almond. (Foto: Jcomp/Freepik)

Baca juga: 4 Manfaat Kacang Almond, Salah Satunya Mencegah Penyakit Jantung 

2. Makan di waktu pagi setelah dikupas

Cara termudah untuk mengonsumsi almond adalah dengan merendam 3 sampai 4 almond saat malam hari dan memakannya di waktu pagi setelah dikupas. Ini akan memberi dorongan energi instan yang paling dibutuhkan ketika pagi hari.

Bisa juga menambahkan almond ke mangkuk sereal, oat, smoothie, dan shake untuk membuat sarapan lebih bergizi. Lalu bisa juga merendam almond sebagai camilan dengan memasangkannya dengan kismis, kenari, dan biji labu. Almond juga terasa luar biasa di kue, granola bar, dan lain-lain.

Pastikan tidak mengonsumsi lebih dari 6 hingga 8 almond setiap hari, karena kelebihannya dapat menyebabkan penambahan berat badan dan meningkatkan panas tubuh. Untuk amannya, 3 sampai 4 kacang almond setiap hari sudah cukup.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini