Ini Olahraga yang Bisa Dijalani meski Sedang Puasa Ramadhan

Agustina Wulandari , Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 10:09 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 481 2386966 ini-olahraga-yang-bisa-dijalani-meski-sedang-puasa-ramadhan-PpVq2uab9Z.jpg Olahraga bersepeda. (Foto: Heru Haryono/Okezone)

BULAN Ramadhan 1442 Hijriah sebentar lagi datang. Ibadah puasa pun akan dijalani umat Islam di dunia. Puasa Ramadhan sendiri adalah menahan diri dari makan, minum, dan segala bentuk hawa nafsu. Tapi bukan berarti hal tersebut membuat terbatasa melakukan aktivitas. Semua tetap bisa dilakukan lho, termasuk olahraga fisik.

Sebenarnya olahraga tetap dianjurkan meski sedang menjalani ibadah puasa Ramadhan. Tujuannya untuk menjaga imunitas tubuh.

Baca juga: Jelang Ramadhan, Kenali Lagi Manfaat Puasa untuk Kesehatan Tubuh 

Seperti dilaporkan laman Healthline, ahli pemrograman kebugaran dan nutrisi Chelsea Amengual mengatakan ketika puasa glikogen atau karbohidrat yang disimpan kemungkinan besar akan habis sehingga dapat membakar lebih banyak lemak daripada biasanya.

Tapi sejatinya orang yang berpuasa tetap bisa berolahraga dengan mempertimbangkan waktu serta intensitasnya. Ketika berpuasa, porsi olahraga harus dikurangi untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Lantas, olahraga apa saja yang bisa dilakukan saat puasa? Berikut ini daftarnya.

Olahraga joging. (Foto: Tikkho Maciel/Unsplash)

1. Joging

Joging adalah lari-lari ringan. Olahraga ini tidak membuat orang yang sedang berpuasa kehabisan energi, jadi tetap bisa dilakukan saat bulan Ramadhan.

2. Jalan santai

Jalan santai merupakan pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan. Jalan santai baik untuk kesehatan jantung dan tulang tanpa harus mengeluarkan keringat terlalu banyak. Pilihlah waktu menjelang buka puasa untuk mencegah kondisi lemas terlalu lama.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Makanan Manis Dianjurkan saat Berbuka Puasa 

3. Latihan beban

Kedengerannya latihan beban cukup berat, tapi sebenarnya bisa dipilih beban yang lebih ringan dari biasanya. Lakukan gerakan secara perlahan saat mengangkat beban untuk mencegah otot-otot tidak kram.

Tidak perlu terlalu lama melakukan latihan beban ini. Sebentar saja, sebab sudah bisa bikin berkeringat. Tapi jika merasa ragu melakukan olahraga ini, bisa konsultasikan ke dokter terlebih dahulu.

4. Bersepeda

Bersepeda juga menjadi salah satu olahraga ringan dan menyenangkan. Bersepeda mampu mengencangkan otot serta menyehatkan jantung. Sama seperti jalan santai, bersepeda bisa dilakukan pada sore hari menjelang waktu berbuka puasa.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini