Jalani Flexitarian Diet, Ini Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Antara, Jurnalis · Rabu 31 Maret 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 481 2386982 jalani-flexitarian-diet-ini-makanan-yang-boleh-dikonsumsi-P9TT1OAJEN.jpg Ilustrasi makanan flexitarian diet. (Foto: Senivpetro/Freepik)

FLEXITARIAN diet adalah salah satu jenis diet yang diterapkan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Pola makan flexitarian diet menyarankan pelakunya mengambil manfaat dari pola makan vegetarian tanpa sepenuhnya menghilangkan sumber hewani dari makanan.

Flexitarian diet disebut juga dengan diet semi-vegetarian yang menekankan pada makan makanan nabati, tapi sesekali mengonsumsi daging dalam jumlah sedang.

Lantas, makanan apa saja yang boleh dikonsumsi pelaku flexitarian diet? Berikut penjelasannya, sebagaimana dinukil dari laman Boldsky.

Baca juga: Ketahui Asal-usul Flexitarian Diet yang Dekat dengan Pola Makan Vegetarian 

Makanan yang Boleh Dikonsumsi

Flexitarian diet menyarankan pelakunya mengonsumsi makanan kaya protein seperti kacang-kacangan, lentil, kedelai, dan tahu. Kemudian sayuran bertepung di antaranya ubi, jagung, dan kacang polong. Juga sayuran non-tepung misalnya paprika, kubis Brussel, kacang hijau, wortel, serta kembang kol.

Lalu untuk buah-buahan yang disarankan adalah apel, jeruk, anggur, beri dan ceri. Sedangkan pada biji-bijian seperti soba, quinoa dan farro. Kacang dan biji-bijian seperti almond, kacang mete, kenari, biji chia, biji rami, dan pistachio.

Flexitarian diet. (Foto: Flexitarianfocus)

Mengonsumsi susu juga disarankan untuk pelaku flexitarian diet, misalnya susu kelapa atau santan, susu kedelai, susu rami, dan susu almond tanpa pemanis.

Selain itu untuk lemak, disarankan mengonsumsi lemak sehat seperti alpukat dan minyak zaitun. Bisa juga memakan telur, ayam, ikan, daging, susu yang berasal dari hewan yang diberi makan rumput atau yang dipasteurisasi, minuman herbal seperti teh, kopi, serta air putih.

Baca juga: 5 Manfaat Flexitarian Diet, Bisa Obati Radang Usus Lho 

Makanan yang Harus Dihindari

Pelaku flexitarian diet tidak disarankan makan daging olahan seperti sosis, karbohidrat olahaan, makanan cepat saji, gula, serta manisan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini